ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU LABA PADA IMPOR DAGING SAPI DAN PENGARUHNYA
ANALYSIS OF PROFIT DETERMINING FACTORS ON BEEF IMPORTS AND ITS INFLUENCE
Abstract
Upaya perusahaan meningkatkan laba pada bisnisnya merupakan tujuan utama yang ditetapkan untuk dicapai. Bagaimana mengetahui faktor yang mendorong laba ditingkatkan, merupakan masukan yang penting. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pengimpor daging sapi PT X di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada tahun 2023, dengan tujuan untuk mengetahui faktor penentu terhadap laba perusahaan. Data yang dikumpukan adalah data sekunder yang tercatat di perusahaan. Analisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian memenuhi hipotesis yang ditetapkan dan teruji signifikan secara statistik. Elastisitas faktor jumlah penjualan adalah terbesar, diikuti faktor harga per kg daging, dan keduanya positif mendukung peningkatan laba. Elastisitas biaya produksi dan operasional memiliki efek menekan laba. Manajer perusahaan PT X dapat mengakomodir peningkatan laba perusahaan melalui peningkatan jumlah penjualan dan harga per kg daging sapi, dan perlu menekan potensi pembengkakan biaya produksi.
ABSTRACT
The company's efforts to increase profits in its business is the main goal it sets to achieve. How to find out the factors that encourage increased profits is an important input. This research was conducted at the beef importing company PT The data collected is secondary data recorded at the company. Analysis uses multiple linear regression models. The research results met the stated hypothesis and were tested as statistically significant. The elasticity of the sales quantity factor is the largest, followed by the price per kg of meat factor, and both are positive in supporting increased profits. The elasticity of production and operational costs has the effect of suppressing profits. Company managers can accommodate an increase in company profits through increasing the number of sales and price per kg of beef, and need to reduce the potential for increased production costs.
Downloads
References
Astuti, F. K., Suroto, K. S., & Santoso, E. P. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Daging Sapi dan Implikasi Strategi Pemasaran Di Hypermart Kota Malang. Buana Sains, 19(1), 25-36. https://doi.org/10.33366/bs.v19i1.1524.
Chisilia, L. A., & Widanta, A. B. P. (2019). Analisis Determinan Impor Daging Sapi Di Indonesia Pada Tahun 1990–2015. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 201-219. https://doi.org/10.24843/BSE.2019.v24.i02.p04.
Das, P. (2019). Linear Regression Model: Relaxing the Classical Assumptions. Econometrics in Theory and Practice: Analysis of Cross Section, Time Series and Panel Data with Stata 15.1, 109-135. http://.doi.org/10.1007/978-981-32-9019-8_4.
Firmansyah, F., Afriani, H., & Paiso, W. A. (2021). Analisis Volatilitas Harga Daging Sapi Sebelum Sampai Dengan Sesudah Hari Besar Agama di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 365-371. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1332.
Heatubun, A.B., Veerman, M., & Matatula, M.J. 2020. Analisis Nilai Tambah Peternak dan Pejagal atas Biaya yang Diciptakan pada Pemasaran Sapi Potong di Kecamatan Lolong Guba. Agrinimal Jurnal Ilmu Ternak dan Tanaman, 8(2), 65-73. https://doi.org/10.30598/ajitt.2020.8.2.65-73.
Ihza, Y. (2017). Pengaruh harga daging sapi internasional, kurs, dan GDP per kapita terhadap impor daging sapi di Indonesia. Economics Development Analysis Journal, 6(3), 328-345. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i3.22282.
Latan, H., & Selva, T. (2013). Analisis Multivariate. Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta.
Li, Z., Yada, K., & Zennyo, Y. (2021). Duration of Price Promotion and Product Profit: An In-Depth Study Based on Point of Sale Data. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102277. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102277.
Machfiroh, I. S. (2019). Strategi dan Dampak Kenaikan Harga Kedelai Terhadap Laba Usaha Produsen Tempe Di Desa Panggung. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(2), 1-7. https://doi.org/10.34128/jht.v5i2.56.
Maulidah, M., Rahayuningsih, E. S., & Ambariyanto, A. (2020). Analisis Permintaan Daging Sapi Masyarakat Madura (Studi Kasus Kabupaten Sampang). Buletin Ekonomika Pembangunan, 1(2), 29-43. https://doi.org/10.21107/bep.v1i2.12000.
Ningrum, S. N. J. E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi Di Indonesia. Tesis. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Prasetyawati, F. D., & Basuki, A. T. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impor Daging Sapi Di Indonesia Periode 1988-2017: Menggunakan Metode VECM (Vector Error Correction Model). Journal of Economics Research and Social Sciences, 3(2), 118-133. https://doi.org/10.18196/jerss.030213.
Saharuddin, S., Anwar, K., & Azhar, A. (2022). The Influence of Product, Price, Promotion and Distribution on the Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises in Lhokseumawe City. Management Research and Behavior Journal, 2(2), 62-67. https://doi.org/10.29103/mrbj.v2i2.10456.
Salim, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Daging Sapi Di Indonesia Periode 1987-2017. CALYPTRA Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1), 1980-1997. https://journal.ubaya.ac.id/index.php /jimus /article/view/3866.
Susetyo, D. P., Firmansyah, D., & Aisah, A. S. (2021). Perubahan Biaya Operasional Dan Jumlah Penjualan Terhadap Laba Bersih Sebelum Dan Pada Masa Pandemic Covid-19 (Studi Pada PT. Nuansa Ilham Prima Sukabumi). Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 4(3), 208-219. http://doi.org/10.32493/skt.v4i3.8544.
Torabi, S. A., Soufi, H. R., & Sahebjamnia, N. (2014). A New Framework for Business Impact Analysis in Business Continuity Management (With a Case Study). Safety Science, 68, 309-323. http://doi.org/10.1016/j.ssci.2014.04.017.
Wulandari, M., Abror, A., & Inggita, M. (2016). The Effect Of Production Cost To Net Profit; a Case Study of Pt. Indorama Synthetics Tbk. Emerging Markets: Business and Management Studies Journal, 4(1), 54-64. http://doi.org/10.33555/ijembm.v4i1.61.
Yulastari, N. M. E., Satriawan, I. K., & Sadyasmara, C. A. B. (2018). Sistem Dinamis Ketersediaan Daging Sapi di Provinsi Bali. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 6(4), 345-355. https://doi.org/10.24843/JRMA.2018.v06.i04.p09.
Yuniarti, Y., & Syafri, R. A. (2023). The Effect of Price Promotion Time Limit on Consumer Impulse Buying Through Situational Factors as Intervening Variables. In 4th Green Development International Conference (GDIC 2022), November 2023. pp. 1097-1107. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-110-4_106.
Zhang, S., Pauwels, K., & Peng, C. (2019). The impact of adding online-to-offline service platform channels on firms’ offline and total sales and profits. Journal of Interactive Marketing, 47(1), 115-128. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2019.03.001.