Viral, Trending, dan Latah: Eksistensi Pantun Ikan Hiu Makan Tomat sebagai Perwujudan Sastra Digital
Abstract
Kemunculan “Ikan Hiu makan tomat” sebagai trending topic Twitter pada tahun 9 Desember 2020 menjadi tanda eksistensi pantun—sastra lisan—dalam dunia digital, sebuah bentuk kelisanan kedua. Tanggapan pembaca yang beragam merupakan respon masyarakat Twitter terhadap blank space teks sastra tersebut. Ingatan kolektif masyarakat menjadikan jembatan interaksi antara teks sastra dan pembaca. Keberagaman tanggapan pembaca ini yang menjadi objek material dalam menelusuri respon pembaca. Respon pembaca “Ikan Hiu makan tomat” di Twitter dihimpun dengan metode Data Mining. Terdapat empat tahapan dasar dalam data mining yaitu pengumpulan data. Pada penelitian ini, data berasal dari API Twitter. Hasilnya ditemukan sejumlah 16.720 tweet pantun yang merupakan tanggapan pembaca. Data tersebut kemudian ditelaah sebagai bentuk resepsi menggunakan teori Wolfgang Iser. Berdasar hasil analisis tersebut, diperoleh jeni-jenis tema resepsi berupa tweets dan retweet bertema ungkapan cinta, perasaan rindu, motivasi, kekecewaan dan ragam iklan yang mengisi blank space dari “Ikan Hiu Makan Tomat”.
Downloads
References
Aslan, A., (Islamic, A. Y.-J. T., & 2018, Undefined. (N.D.). Budaya Berbalas Pantun Sebagai Media Penyampaian Pesan Perkawinan Dalam Acara Adat Istiadat Perkawinan Melayu Sambas. E-Journal.Iain-Palangkaraya.Ac.Id. Retrieved December 5, 2021, From Http://E-Journal.Iain-Palangkaraya.Ac.Id/Index.Php/TF/Article/View/962.
Danandjaja, J. (2002). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, Dan Lain Lain. (VI).
Eca, W. (2020). Pantun Sahur Dalam Sastra Lisan Banda Neira. Jurnal Litera, 4(1), 15–20.
Effendy, D., International, M. S.-P. Of T., & 2019, Undefined. (N.D.). Social Media As A Form Of Literary Learning Innovation For The Millennial. E-Repository.Unsyiah.Ac.Id, 978–623. Https://Doi.Org/10.24815/.V1i1.14438
Faradilla, D. Dkk. (2023). Sastra Siber: Beberapa Penjajakan Atas Tekstualitasnya (Faruk (Ed.); Pertama). Gambang.
Iser, W. (1987). The Act Of Reading: Theory As Aesthetic Response. The John Hopkins University Press.
Lebu, H., Wardiah, D., Elementary, M. I.-I. J. Of, & 2020, Undefined. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Jurnal.Umt.Ac.Id, 2(1). Http://Jurnal.Umt.Ac.Id/Index.Php/IJOEE/Article/View/2934
Merawati, F. (2017). Sastra Cyber Sebagai Estafet Dari Sastra Lisan Dan Sastra Tulis. Pibsi Xxxix, November, 726–735.
Mustofa, A. (N.D.). Resepsi Pemahat Di Desa Prumpung Magelang Terhadap Hadis Tentang Larangan Membuat Patung.
Nadya, A. H. (2021). Respons Terhadap Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiqtinjauan: Resepsi Sastra (Wolfgang Iser).
Nugroho, A., Lazuardi, D., Keilmuan, S. M.-K. J., & 2019, Undefined. (2019). Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII SMP Xaverius Tugumulyo. Scholar.Archive.Org, 5(1). Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V5i1.8352
NURJANAH, D. (2020). Analisis Resepsi Penonton Terhadap Kepercayaan Mistis Pulung Gantung Dalam Film Lamun Sumelang. Http://Eprints.Upnyk.Ac.Id/29787/
Pantun, K., Dan Leluhur Bangsa Dulu, R., & Dan Selamanya Siti Hajar Che Man Abstrak, K. (N.D.). Siti Hajar Che Man 75. International Journal Of The Malay World And Civilisation (Iman), 1(1), 2013.
Pendidikan, N.-N., Bangsa, K., Sastra, K., Klasik, S., Koswara, D., Haerudin, D., & Permana, R. (N.D.). Karakter Bangsa Dalam Khazanah Sastra Sunda Klasik: Transformasi Dari Kelisanan (Orality) Ke Keberaksaraan (Literacy) Carita Pantun Mundinglaya Di Kusumah …. Ejournal.Upi.Edu. Retrieved November 30, 2021, From Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/JER/Article/View/3114
Penulis, A. A., & Pontianak, D. S. (2011). Nilai Budi Dan Keislaman. Jurnal Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak, 1(September), 177–200.
Petrik, J., & Chuda, D. (2019). Twitter Feeds Profiling With TF-Idf Notebook For PAN At CLEF 2019. CEUR Workshop Proceedings, 2380.
Ramadhanny, F. (2020). Ikan Hiu Makan Tomat Trending, Absurd Deh! Detikiiet. Https://Inet.Detik.Com/Cyberlife/D-5169540/Ikan-Hiu-Makan-Tomat-Trending-Absurd-Deh
Reny Triwardani, & Obed Bima Wicandra. (2008). Literacy And Secondary Orality: (Sebuah Analisis Perbandingan Kisah Romantis “A Walk To Remember” Versi Novel Dan Film). Nirmana, 10(1), 37–44. Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Dkv/Article/View/18005
Repertoire Dalam Naskah Sandiwara Sampek Dan Engtay Karya Nano Riantiarno: Analisis Estetika Resepsi Wolfgang Iser. (N.D.).
Santosa. (N.D.). Kajian Estetika Resepsi Produktif Kekafilahan Nabi Adam Dalam Puisi Indonesia Modern. Retrieved February 11, 2023, From Http://Sawerigading.Kemdikbud.Go.Id/Index.Php/Sawerigading/Article/View/381
Suwardi Endaswara. (2005). Tradisi Lisan Jawa. Narasi.
Taisin, N. J. (2014). Genre Puisi Lisan Tradisional Kadazandusun (Sudawil): Bahasa Perlambangan Dalam Sudawil Percintaan Dan Kasih Sayang Dari Dimensi Alam Dan Budaya. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 134, 291–297. Https://Doi.Org/10.1016/J.SBSPRO.2014.04.251
Telaumbanua, E. A., Ariani, F., & Panjaitan, M. O. B. (2021). Resepsi Pembaca Terhadap Cerpen Sampan Zulaiha Karya Hasan Al Banna.
Vipin Kumar Pang-Ning Tan, M. S. (2011). Introduction To Data Mining, Intelligent Systems Reference Library. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1007/978-3-642-19721-5_1.
Wiguna, M., Yuda, R., Bahasa, I. U.-J. P., & 2017, Undefined. (2017). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Pantun Melayu Sambas. Journal.Ikippgriptk.Ac.Id, 6(1). Http://Journal.Ikippgriptk.Ac.Id/Index.Php/Bahasa/Article/View/416.
Yuliansyah, A. (2019). Struktur Dan Fungsi Pantun Dalam Upacara Adat Perkawinan Melayu Tanjung Hulu Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 281. Https://Doi.Org/10.31571/Bahasa.V8i2.1432
Zainal. (2015). Pengantar Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Deepublishing.
Copyright (c) 2023 Jiphie Gilia Indriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.