Proyek Video Kreatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang terampil dalam berbicara. Dalam mata kuliah tersebut, terdapat teori dan praktik. Kegiatan praktik dalam perkuliahan keterampilan berbicara telah dilakukan. Bentuk kegiatan praktik tersebut berupa mendongeng, presentasi, melaporkan berita, dan kegiatan lain. Sayangnya, kegiatan tersebut belum dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Tidak semua mahasiswa melaksanakan praktik berbicara dengan baik dan bersemangat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan melakukan eksperimen berupa proyek video kreatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan tugas proyek. Data berupa nilai pretest, posttest, dan nilai video kreatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yang terdiri atas dua kelas. Analisis data dilakukan dengan statistik sederhana. Hasil yang diperoleh adalah proyek video kreatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang terbukti dari nilai video kreatif, nilai keterampilan berbicara mahasiswa, dan peningkatan nilai pretest ke posttest yang lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, melalui proyek video kreatif motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan melaksanakan tugas juga meningkat.
Kata kunci: video kreatif, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berbicara
Downloads
Copyright (c) 2023 yermia nugroho agung wibowo, mukhzamilah mukhzamilah, Afiyah Nur Kayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.