Proyek Video Kreatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

  • Yermia Nugroho Agung Wibowo Universitas Negeri Surabaya
  • Mukhzamilah Mukhzamilah Universitas Negeri Surabaya
  • Afiyah Nur Kayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang terampil dalam berbicara. Dalam mata kuliah tersebut, terdapat teori dan praktik. Kegiatan praktik dalam perkuliahan keterampilan berbicara telah dilakukan. Bentuk kegiatan praktik tersebut berupa mendongeng, presentasi, melaporkan berita, dan kegiatan lain. Sayangnya, kegiatan tersebut belum dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Tidak semua mahasiswa melaksanakan praktik berbicara dengan baik dan bersemangat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan melakukan eksperimen berupa proyek video kreatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan tugas proyek. Data berupa nilai pretest, posttest, dan nilai video kreatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yang terdiri atas dua kelas. Analisis data dilakukan dengan statistik sederhana. Hasil yang diperoleh adalah proyek video kreatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang terbukti dari nilai video kreatif, nilai keterampilan berbicara mahasiswa, dan peningkatan nilai pretest ke posttest yang lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, melalui proyek video kreatif motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan melaksanakan tugas juga meningkat.

 

Kata kunci: video kreatif, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berbicara

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
Wibowo, Y., Mukhzamilah, M., & Kayati, A. N. (2023). Proyek Video Kreatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(3), 989-1000. https://doi.org/10.30598/arbitrervol5no3hlm989-1000