PERMASALAHAN PEREMPUAN DALAM NOVEL ISINGA KARYA DOROTHEA ROSA HERLIANY (KAJIAN FEMINIS)

  • Sally Rosalia Munster Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Permasalahan Perempuan, novel, Isinga, Kajian Feminisme

Abstract

Permasalahan Perempuan dalam Novel Isinga karya Dorothea Rosa Herliany kajian feminis. Penelitian ini  dilakukan  karena  peneliti  tertarik  terhadap  permasalahan  perempuan dalam novel  Isinga.  Dari  permasalahan  perempuan  peneliti  menggunakan kajian feminis. Manfaat penelitian ini secara teoretis dapat memberikan sumbangsih   pikiran   pemikiran   terhadap   pengembangan   ilmu   sastra, khususnya dapat bermanfaat untuk memperkaya penggunaan teori-teori sastra secara  teknik analisis  terhadap  karya  sastra.  Secara praktis,  penelitian  ini dapat dimanfaatkan bagi pembaca terlebih khusus bagi dosen, guru Bahasa Indonesia dan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif.  Data  dalam  penelitian  ini adalah teks novel, ungkapan dan kalimat yang menunjuk pada permasalahan perempuan dalam novel Isinga karya Dorothea Rosa Herliany. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah novel Isinga karya Dorothea Rosa Herliany. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik kepustakaan dan teknik mencatat. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membaca novel Isingakarya Dorothea Rosa Herliany, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data, mencatat semua hasil identifikasi dan klasifikasi data dan menarik kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teori. Berdasarkan data yang dihasilkan selama penelitian ini dilakukan, ditemukan ideologis feminis; permasalahan perempuan berupa ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan; perjuangan perempuan antara lain perempuan yang tabah menghadapi kehidupan,  perempuan  yang  mandiri  dan  perempuan  yang  berpikir  maju; serta feminis radikal dalam novel Isinga.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sally Rosalia Munster, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Herliany, D.R. 2015. Isinga Roman Papua. Jakarta: PT Gramedia.

Emzir & Rohman, Saifur. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Surabaya: Rajawali Pers.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Strauss, A. Corbin, J. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif.Terjemahan ole Muhamad Shodiq & Imam Muttaqien. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Brooks, Ann. 2009. Posefeminisme & Cultural Studies.Terjemahan oleh S. Kunto Adi Wibowo.Yogjakarta: Jalasutra.

Moleong, J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2019-07-02
How to Cite
Munster, S. (2019). PERMASALAHAN PEREMPUAN DALAM NOVEL ISINGA KARYA DOROTHEA ROSA HERLIANY (KAJIAN FEMINIS). ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 41-54. https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1hlm41-54