PENGGUNAAN BAHASA YAFILA DI DESA YAFILA, KECAMATAN AMAHAI, KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Erlinda Polsiary Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
  • Romilda Arivina da Costa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
Keywords: bahasa Yafila, penutur, penggunaan, kekerapan

Abstract

Kondisi bahasa-bahasa daerah di Maluku semakin terdesak. Oleh sebab itu, perlu ditelisik satu per satu. Penelitian ini mengangkat bahasa Teon yang digunakan di Desa Yafila, Kabupaten Maluku Tengah, yang dinamakan bahasa Yafila (BYF). Pentingnya penelitian ini didasarkan pada kondisi penutur BYF sebagai para migran yang sebagian besar bukan lagi monolingual bahasa Teon, lingkungan sekitar yang multietnis, pendidikan, serta jarak yang relatif dekat dengan pusat kota kabupaten sehingga mereka juga kerap menggunakan bahasa Melayu Ambon (BMA). Data penggunaan BYF dijaring dengan teknik observasi, kuesioner, dan wawancara, kemudian disajikan dalam tabel frekuensi dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerapan penggunaan BYF hanya berkisar antara 50%-58%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erlinda Polsiary, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Ayawaila, J.W., dkk. 2005. “Orang Teon Nila dan Serua di Maluku Tengah dan Perubahan Sosialâ€. Laporan Penelitian Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Ambon. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Collins, James T. 2018. Penelitian Bahasa di Maluku. Ambon: Kantor Bahasa Maluku, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Grosjean, Francois. 1982. Life with Two Languages: An Introduction to Bilingualism. Harvard: Harvard University Press. http://almascetie.wordpress.com.Diakses pada tanggal 01 Desember 2017, Pukul 14.00 http://regional.kompas.com. Diakses pada tanggal 26 November 2017, Pukul 18:53 Moelong, Lexi J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya “Monografi Desa Yafilaâ€. 2018. Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana. Pesurnay, Charles Y. 2010. “Ekspansi dan Migrasi: Studi Kasus Negeri Besi Kapupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku†dalam Jurnal Papua Vol.2 No. 2 November. Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Statistika. Bandung: Alfabeta. Summer Institute of Linguistics (SIL) International Cabang Indonesia. 2006. BahasaBahasa di Indonesia. Jakarta. Suhardi, Basuki. 2001. Pedoman Penelitian Sosiolinguistik. Jakarta: Pusat Bahasa. Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tan, Mely G. 1993. “Penggunaan Data Kuantitatif†dalam Koentjaraningrat (Ed.) Metode-Metode Penelitian Masyarakat (hlm. 251-268). Jakarta: Gramedia. www.suwarnatha.byethost. Diakses pada tanggal 25 Mei 2015, Pukul 22.23 WIT.

Published
2019-07-02
How to Cite
Polsiary, E., & da Costa, R. (2019). PENGGUNAAN BAHASA YAFILA DI DESA YAFILA, KECAMATAN AMAHAI, KABUPATEN MALUKU TENGAH. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 55-72. https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1hlm55-72