KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBON

  • Yona Witra Rumborry PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, UNIVERSITAS PATTIMURA
  • Grace Somelok Universitas Pattimura
Keywords: model pembelajaran NHT, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK: Model pembelajaran konvensional yang masih digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pada akhirnya menempatkan guru sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan pasifnya sikap siswa dalam pembelajaran dan  rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran NHT yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, materi surat pribadi dan surat dinas. Dengan menggunakan quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT efektif diterapkan pada kelas eksperimen.  Hal tersebut dibuktikan dengan hasil posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi 34,63% daripada kelas kontrol.

Kata Kunci:model pembelajaran NHT, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad. dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

M, Sardiman A. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published
2019-08-01
How to Cite
Rumborry, Y., & Somelok, G. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 83-94. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no1hlm83-94