IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DAN INTERAKSI GURU DENGAN PESERTA DIDIK TPA BAITURRAHMAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER

  • Revi Mariska Hasibuan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Implementasi Hidden curriculum, Interaksi Guru, Pembentukan Karakter

Abstract

Pelaksanaan hidden kurikulum berjalan melalui suatu sistem organisasi, sistem sosial, budaya dan dari berbagai sisi lainnya. Hidden curriculum menjadi salah satu bentuk kurikulum pendidikan di Indonesia berupa gagasan yang didapatkan untuk perubahan dan perkembangan yang lebih baik. Hidden curriculum menunjukkan pada interaksi guru dan peserta didik yang tidak dipelajari dan direncanakan dalam sebuah program di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan konsep hidden curriculum serta interaksi seorang guru kepada peserta didiknya yang terjadi pada hidden curriculum selama proses belajar mengajar berlangsung pada peserta didik TPA Baiturrahmah. Pengajaran ini berlangsung pada kegiatan-kegiatan yang diimplementasikan menjadi suatu kebiasaan dalam proses belajar mengajar berlangsung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model akhir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa kegiatan hidden curriculim yang diimplementasikan pada peserta didik TPA Baiturrahmah melalui interaksi yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik pada penerapan hidden curriculum yang terdiri atas empat interaksi, yaitu generalisasi, modeling, explication dan imbalan serta hukuman. Temuan dan kesimpulan penelitian ini terkait implementasi hidden curriculum pada peserta didik TPA Baiturrahmah, dapat menambah pemahaman dan wawasan mengenai penerapan model pembelajaran seorang pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husama, 2019, Pengantar Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Wina, S, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Pranadamedia Group, Jakarta.
Stief, A, 2022, Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi, dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia, PT Nas Media Indonesia, Yoyakarta.
Aeni, R, 2021, Kurikulum Sekolah Islam Terpadu, LovRinz Publishing, Cirebon.
UPI, 2017, Prosiding Seminar Nasional “Membaca Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Melatih “Berpikir Suprarasional”, UPI Sumedang.
Beny, P, 2021, Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah, Academia publishing, Lamongan.
Yoga, A, 2023, Pengembangan Kurikulum: Menumbuhkan Potensi, Meraih Merdeka Belajar, Indonesia Emas Group, Bandung
Dwi, P, 2019, Keterampilan Guru dalam Berprofesi, Media Nusa Creative, Malang.
Evvy, L, 2022, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele, CV Azka Pustaka, Pasaman Sumatera Utara.
Ahmad, A, 2002, Imbalan dan Hukuman, Gema Insani.
Aslan, 2020, Kurikulum dalam Tantangan Perubahan, Bookles Indonesia, Medan
Agus, F, 2021, Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural, Samudra Biru, Yogyakarta
Andri, K, 2022. Model Pembelajaran Inovatif II, PT Global Eksekutif Teknologi, Padang.
Mumu. (2021). Implementasi Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan ilmiah pendidikan luar sekolah, 6(2), 109-121.
Mumu, 2021, ‘Implementasi Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19; Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan ilmiah pendidikan luar sekolah, vol. 6, no. 2, hh. 109-121.
Nur, H, 2020, ‘Pelaksanaan Kurikulum Tersembunyi dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Alwashliyah 5 Hamparan Perak; Jurnal Ansiru PAI, vol. 4, no. 2, hh. 81-92
Sumaedi, 2022, ‘Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Islam; Jurnal Unisan, vol. 2, no. 6,
Muhammad, T, 2022, ‘Pelaksanaan Hidden Curriculum / Kurikulum Tersembunyi dalam Membentuk Karakter Siswa di MTS Darul Mukhlisin Desa Sei Sijenggi; Jurnal Somasi: Sosial Humaniora Komunikasi, vo. 3, no. 1, hh. 25-36.
Aslan, 2019, Hidden Curriculum. CV Pena Indis, Makasaar
Published
2024-04-01
How to Cite
Hasibuan, R. (2024). IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DAN INTERAKSI GURU DENGAN PESERTA DIDIK TPA BAITURRAHMAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1049-1062. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no1hlm1077-1088