KAJIAN LINGUISTIK: PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI SARANA MEMPERMUDAH SISWA DIFABEL (TUNA RUNGU) SEKOLAH DASAR DALAM BERKOMUNIKASI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar Masyarakat tahu peran teknologi memiliki manfaat yang besar dalam membantu siswa-siswa difabel tersebut khususnya siswa tunarungu berdasarkan dari hasil kajian linguistiknya. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan pendekatan kualitatif (meta-analisis). Hasil dari penelitian ini yatitu didukung oleh kajian linguistik yang menyoroti pentingnya pragmatik dalam memahami kemampuan komunikatif individu dengan gangguan pendengaran dan pentingnya kecakapan komunikatif bagi penutur bahasa dalam menggunakan bahasa sesuai dengan konteks komunikatifnya. Dengan demikian, sebelum menerapkan mobile learning kepada siswa difabel, penting untuk mencari aplikasi yang sesuai dan cocok agar dapat mempermudah komunikasi sehari-hari mereka.
Kata Kunci: Kajian Linguistik, aplikasi mobile learning, difabel (tunarungu).
Downloads
References
Arief, A. and Yunus Abbas, M. (1978) ‘Kajian Literatur (Systematic Literature Review): Kendala Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). PROtek: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 8 (1), 1–6’.
Bahri, A.Q. (2022) ‘9 Aplikasi untuk Penyandang Tunarungu, Hear Me ID Resi Rilis’. Available at: https://www.brilio.net/gadget/9-aplikasi-untuk-para-penyandang-tunarungu-hear-me-id-resmi-rilis-220222c.html.
Bintoro, T. (2011) ‘Kemampuan komunikasi anak tunarungu’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 23(XIV), pp. 12–40.
Effendi, D., Hardiyana, B. and Gustiana, I. (2016) ‘Perancangan program aplikasi pembelajaran ipa materi sistem pernapasan berbasis multimedia untuk siswa sdlb bagian b tuna rungu menggunakan object oriented approach’, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), pp. 605–618.
Filbert, E., Intan, R. and Palit, H.N. (2021) ‘Pembuatan Aplikasi Mobile Augmentative and Alternative Communication" BerKata" dengan Menggunakan Text to Speech untuk Membantu Komunikasi Anak Penyandang Autisme’, Jurnal Infra, 9(2), pp. 52–56.
Indrabayu, A. et al. (2020) ‘Tinjauan Potensi Aplikasi Cerdas untuk Kalangan Difabel’, in Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), pp. 84–89.
Kurnia, R.A.M., Hakim, D.L. and Ana, A. (2019) ‘The development of digital video applications for deaf students’, in Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, p. 12149.
Kurniawati, V. and Siroj, M.B. (2019) ‘Ragam bahasa anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran’, Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), pp. 211–221.
Retnawati, H. et al. (2018) ‘Pengantar Meta Analisis.pdf’, Pengantar Analisis Meta, p. 208.
Samsudin, M. et al. (2017) ‘A review of mobile application characteristics based on teaching and learning theory for mute and deaf students’, International Journal of Technology in Education and Science, 1(1), pp. 24–28.
Samsudin, M.R. et al. (2018) ‘Effectiveness Malaysian Sign Language Mobile Application in Teaching and Learning for Deaf and Mute Students’, Advanced Journal of Technical and Vocational Education, 2(1), pp. 19–24.
Setyawan, D.I., Tolle, H. and Kharisma, A.P. (2018) ‘Perancangan aplikasi Communication Board berbasis android tablet sebagai media pembelajaran dan komunikasi bagi anak tuna rungu’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(8), pp. 2933–2943.
Sukri, M. and Indartono, S. (2020) ‘Fulfillment of Education Rights for Diffable Students’, in 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019). Atlantis Press, pp. 122–124.
Wirna, Y. et al. (2018) ‘Aplikasi korektor kalimat berbasis android untuk anak tunarungu’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), pp. 41–48.
Wise, P.H. (2012) ‘Emerging technologies and their impact on disability’, The Future of Children, pp. 169–191.
Yaman, F. et al. (2016) ‘Integrating mobile applications into hearing impaired children’s literacy instuction’.
Copyright (c) 2024 Sri Murni Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.