PENGARUH PENGGUNAAN RAGAM BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PATTIMURA TAHUN 2023
Abstract
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi sekaligus bahasa nasional di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan varietas yang dibakukan dari bahasa Melayu, rumpun Austronesia yang digolongkan kedalam rumpun Melayu yang merupakan cabang turunan dari Melayu dan Polinesia. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai basantara di wilayah kepulauan Indonesia yang rata-rata memiliki kemajemukan linguistika. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif karena menggambarkan suatu peristiwa secara sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pembahasan penelitian ini yaitu (1) penjelasan secara rinci pola interaksi mahasiswa dengan dosen dalam pembelajaran mengunakan ragam bahasa, (2) penjelasan secara rinci interaksi mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan ragam bahasa, (3) pola interaksi dalam pembelajaran menggunakan ragam bahasa terhadap mahasiswa. Kesimpulan berdasarkan pembahasan yang telah dijabarkan pada pembahasan maka dapat diambil kesimpulan yaitu, terdapat pola interaksi mahasiswa dengan dosen dalam pembelajaran, adanya interaksi mahasiswa dalam pembelajaran, dan pola interaksi dalam pembelajaran menggunakan ragam bahasa terhadap mahasiswa melalui pola satu arah dan pola dua arah
Downloads
References
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (cetakan ke-37). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyatno, dkk. 2014. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Bahasa). In Media.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS). Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Copyright (c) 2024 Marlon Stivo Noya van Delsen, Sarleoki Nancy Umkeketony
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.