BENTUK DAN FUNGSI IMPLIKATUR PERCAKAPAN ANAK USIA 3—6 TAHUN

  • Chrissanty Hiariej Universitas Pattimura
  • Mouren Wuarlela Politeknik Negeri Ambon
Keywords: Implikatur percakapan, bentuk, fungsi, dan anak usia 3—6 tahun.

Abstract

Implikatur percakapan merupakan bagian dari pertuturan yang digunakan untuk menyampaikan maksud penutur. Umumnya implikatur sering ditemukan dalam percakapan orang dewasa. Namun, setelah diteliti, implikatur juga dapat muncul dalam percakapan anak-anak. Anak-anak khususnya usia 3—6 tahun sudah memahami dan mengekspresikan perasaan, keinginan dan harapan mereka yang diperoleh dari keluarga, lingkungan, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk implikatur percakapan bahasa Indonesia anak usia 3—6 tahun, (2) mendeskripsikan fungsi implikatur percakapan bahasa Indonesia anak usia 3—6 tahun.  Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pangumpulan data implikatur percakapan anak usia 3—6 tahun di Ambon adalah teknik observasi, teknik pemancingan, teknik rekaman, dan teknik catatan lapangan. Penganalisisan data penelitian ini menggunakan metode padan alat penentu pragmatis. Prosedur penganalisisan data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan untuk menjawab semua rumusan masalah penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur percakapan anak usia 3—6 tahun muncul ketika anak bersama banyak orang, seperti berada dengan kumpulan teman-teman yang sebaya dan orang dewasa di sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bentuk implikatur percakapan anak usia 3—6 tahun terdiri atas tiga macam, yaitu implikatur percakapan umum, implikatur percakapan khusus, dan implikatur berskala. Kedua, berdasarkan hasil penelitian tentang fungsi implikatur percakapan khusus anak usia 3—6 tahun terdiri atas empat fungsi implikatur percakapan, antara lain fungsi kompetitif, fungsi menyenangkan, bekerja sama, dan bertentangan. Fungsi kompetitif terdiri atas memerintah dan meminta. Fungsi menyenangkan terdiri atas menawarkan, mengajak, dan menyapa. Fungsi bekerja sama yaitu melapor. Fungsi bertentangan terdiri atas mengancam, menuduh, menyumpahi, dan memarahi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Chrissanty Hiariej, Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Brown, Gillian dan Yule, George. 1996. Discourse Analysis I(Analisis Wacana). Terjemahan Oleh I. Soetikno. 1996. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Prespektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
King, Laura. 2013. Psikologi Umum.Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana. 2005. Kajian wacana Teoro, Metode dan Aplikasi prinsip-prinsip Analisis Wacana.Tiara Wacana:Yogyakarta.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-04-01
How to Cite
Hiariej, C., & Wuarlela, M. (2024). BENTUK DAN FUNGSI IMPLIKATUR PERCAKAPAN ANAK USIA 3—6 TAHUN. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1033-1048. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no1hlm1033-1048