PENERAPAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS FIKSI MINI

  • Arini Vika Sari Universitas Budi Darma
Keywords: Model Pembelajaran, Model Sinektik, Fiksi Mini, Menulis Sastra, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis fiksi mini dengan menggunakan model sinektik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Budi Darma yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Indonesia tahun ajaran 2023-2024 semester genap. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan deskriptif persentase, rerata dan hasil berdasarkan tingkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penggunaan model sinektik mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis fiksi mini. Pada siklus 1, nilai rata-rata sebesar 63 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata sebesar 81,76 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, B. 2017. Tweeter-in-chief: A content analysis of president Trump’s tweeting habits. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 8(2), 36–47. http://www.cur.org/resources/students/undergraduate_journals/

Botha, M. 2016. Microfiction. Cambridge: Cambridge University Press, 44(0), 201–220. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CCO9781316018866.016

Budiyanto, D., Hartono, H., & Suroso, S. 2022. Bentuk dan karakteristik Fiksimini di platform sosial media Twitter dan Instagram. LITERA, 21(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/ltr.v21i2.43349

Damayanti, D. A., Nurwahidah, L. S., Hamdani, A., & Hasim, A. 2021. Perancangan Perangkat Model Sinektik Berbasis Augmented Reality dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. MEDIASI – Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(3), 221–241.

Fuadi, M. Z., Gloriani, Y., & Mascita, D. E. 2022. Model Sinektik dengan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif. Jurnal Tuturan, 11(2), 89–96.

Howitt-Dring, H. 2011. Making micro meanings: reading and writing microfiction. Short Fiction in Theory and Practice, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.1386/fict.1.1.47_1

Kartikasari, R., Anoegrajekti, N., & Maslikatin, T. 2014. Realitas sosial dan representasi fiksimini dalam tinjauan sosiologi sastra. Publika Budaya, 2(1), 50–57.

Khotima, P. H., D, Y., & Wini, L. O. 2023. Pengaruh Model Sinektika dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas SMAN 6 Muaro Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(3), 109–124. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Komalasari, D. 2019. Kefektifan Model Problem Based Instruction (PBI) dan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Al-Ta’dib, 12(1), 52–68.

Koval, R. 2015. The long and short of it: The effects of sudden fiction in the secondary english classroom. In L. P. McCoy (Ed.), Studies in Teaching 2015 Research Digest (Action Res, pp. 55–60). Wake Forest University Department of Education.

Mulyadiprana, A., & Nur, L. 2020. Efektivitas Model Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Karangan: Tinjauan pada Aspek Kreativitas Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 25–38.

Nurani, Y. A. B. 2020. Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Pribadi Siswa SMA menggunakan Model Sinektis. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(1), 1. https://doi.org/10.25273/linguista.v4i1.6273

Nurhidayah, S., & Setiawan, R. 2019. Lanskap Siber Sastra: Posmodernisme, Sastra Populer, dan Interaktivitas. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, VII(2), 136–147. https://doi.org/10.22146/poetika.50779

Pramusinta, Y., & Rifanah, F. D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 47–58. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Q

Rahman, F. 2017. Cyber literature: A reader – writer interactivity. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 156–164. https://doi.org/10.23918/ijsses.v3i4p156

Sari, A. V. 2022. Interpretasi Ekonomi dalam Resepsi Pembaca pada Akun @Fiksimini di Twitter. Journal of Management and Economics Research, 1(1), 20–28.

Solihat, I., Riansi, E. S., & Fitriani, S. W. 2020. Perbedaan Model Group Investigation Dan Model Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii SMP Negeri 17 Kota Serang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 25–40.

Suntini, S., & Dewi, F. I. 2020. Penggunaan Model Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Puisi. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 39. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2506

Ta’abudi, D. H. 2018. Model fiksi mini maroko dalam antologi “Ha’Al-Hurriyah” karya Ar-Rihani. LEKSEMA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(1), 55. https://doi.org/10.22515/ljbs.v3i1.1090

Wahyudi, M. I., & Wati, R. 2021. Fenomena Sastra Cyber: Tren Menulis Cerita Sastra dalam Bingkai Media Sosial. Arkhais, 12(2), 91–98.

Published
2024-12-01
How to Cite
Sari, A. V. (2024). PENERAPAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS FIKSI MINI. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 1277-1288. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no3hlm1277-1288