PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA NEARPOD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI TEKS DESKRIPSI

  • Firda Mawaddah Universitas Negeri Jakarta
  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Mutmainah Mutmainah SMAN 21 Jakarta
Keywords: media Nearpod, model contextual teaching and learning, teks deskripsi

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan media Nearpod dalam meningkatkan pemahaman terhadap isi dalam teks deskripsi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak tiga siklus yang melibatkan 32 orang siswa kelas XI di SMAN 21 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks deskripsi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pemahaman teks deskripsi siswa dari 60 pada siklus I, 76 pada siklus II, dan 86 pada siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, Dimas Yusuf. 2020. “Media Sosial Instagram sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi”. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 1 Nomor 1, Juni 2020: 62–66. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7146/4424

Astuti, Ratih Marhaeni Juni. 2020. “Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Volume 20 Nomor 3, Oktober 2020: 1053. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1096

Hyun, Choi Chi., Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Priyono Budi Santosa, Agus Purwanto, Rudy Pramono, & Innocentius Bernarto. 2020. “Implementation of contextual teaching and learning (CTL) to improve the concept and practice of love for faith-learning integration”. International Journal of Control and Automation, Volume 13 Nomor 1, Februari 2020: 365–383.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Corwin Press.

Khotimah & Ulhaq Zuhdi. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2, 2013: 1–10.

Kurnia, Rita. 2017. “Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau”. Educhild, Volume 6 Nomor 2, 2017: 91–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4486

Muchtar, M. Ilham. 2017. “Metode Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 1 Nomor 1, 12–23. https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2395

Patty, Yeslina., M. Nur Matodan, S. Liline, & Tri Santi Kurnia. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Dengan Reading, Questioning, and Answering untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Retensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Ambon pada Materi Sistem Ekskresi”. Science Map Journal, Volume 1 Nomor 1, Juni 2019: 9–15.

Pratomo, Berliana Permatasari., Sintowati Rini Utami, & Lita Lestari. 2023. “Penerapan Teknik Clustering Berbantuan Media Nearpod dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi”. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, Volume 10 Nomor 1, Desember 2023: 195–205. https://doi.org/10.30738/caraka.v10i1.15951

Qulub, Tathmainnul., & Shifa Fauziyah Renhoat. 2020. “Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi”. Prosiding SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1 Nomor 2, Juni 2020: 141–146. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7226/4454

Seprina, Yolanda., Sri Awan Asri, & Syamzah Ayuningrum. 2020. “Peningkatan Pemahaman Isi Teks Bacaan Materi Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepat pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, Desember 2020: 156–164. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/599

Published
2024-12-01
How to Cite
Mawaddah, F., Utami, S. R., & Mutmainah, M. (2024). PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA NEARPOD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI TEKS DESKRIPSI. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 1305-1318. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no3hlm1305-1318