PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK PADA PEMROSESAN EMOSI BARU KARAKTER RILEY DALAM FILM INSIDE OUT 2

  • Dwi Yulianti Rahayu Universitas Nasional
  • Tadjuddin Nur
Keywords: Emosi; Film; Karakter; Psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut proses eksplorasi emosi baru dan psikologis karakter Riley dalam film “Inside Out 2” dengan konsep Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky, serta untuk menjelaskan bagaimana dukungan emosi dan scaffolding berperan dalam membantu Riley mengelola perasaan-perasaan kompleks yang muncul sepanjang film. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis konten, yang dimana dilakukan observasi terhadap film “Inside Out 2” dan teknik pengumpulan data simak-analisis-catat tentang emosi baru pada film tersebut. Adapun hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam berbagai adegan, Riley mengalami berbagai bentuk tekanan sosial dan emosional yang mempengaruhi cara dia berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Perasaan seperti kecemasan (anxiety), iri (envy), malu (embarrassment), dan kebosanan (ennui) adalah contoh situasi di mana Riley belum dapat mengelola emosinya  sepenuhnya  tanpa  bantuan dari emosi-emosi yang lebih berpengalaman seperti Joy, Anger, Disgust, Sadness, dan Fear. Teori ZPD dalam artikel ini digunakan untuk memahami bagaimana Riley, dalam proses perkembangan emosionalnya, membutuhkan bantuan eksternal baik dari teman sebaya, keluarga, maupun emosi yang lebih berpengalaman untuk mengatasi dan mengelola emosi yang dialaminya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, D. and Apriliyani, N.Y.A. 2023. Kajian psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Ilmuah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(November), pp. 15–22.

Dyah Ayu Rizky Kusuma Ramadhani & Yanti Haryanti. (2018). Emosi Dasar dalam Film: Studi Analisa Semiotika dalam Film Animasi ‘Inside Out’. Jurnal Psikologi Indonesia, 13(2), 234-245.

Etnawati, S. 2022. Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), pp. 130–138.

Farica Adhani, Lutfi Syauki Faznur. (2020). Persepsi Ujaran dan Ekspresi Emosional dalam Naskah Drama “Ayahku Pulang” Karya Usmar Ismail: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Sastra dan Psikologi, 9(1), 89-98

Kuntaro, E. 2017. Memahami Konsepsi Psikolinguistik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, p. 98.

Lado, R. 1976. Language and Linguistics: A Survey of Theory and Practice. New York: McGraw-Hill.

Moiko Dewi Ramaino, Theresia MC Lasut, Donald R. Lotulung. 2022. Ujaran Emosi Kemarahan Dalam Film Inside Out: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Linguistik, 12(3),112-121.

Suardipa, I.P. 2020. Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran, Widyacarya, 4(1), pp. 79–92. Aview/555.

Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Published
2025-04-22
How to Cite
Rahayu, D. Y., & Nur, T. (2025). PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK PADA PEMROSESAN EMOSI BARU KARAKTER RILEY DALAM FILM INSIDE OUT 2. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 49-60. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no1hlm49-60