EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH APRESIASI SASTRA (PROSA, PUISI, DRAMA)

  • Eko Cahyo Prawoto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Efektifitas, Pembelajaran, Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, Drama)

Abstract

Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, dan Drama) adalah matakuliah yang ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pada semester III. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring memerlukan persiapan yang lebih dibandingkan dengan pembelajaran luring. Sebab dosen harus mennyusun semua materi, sumber belajar, dan media pembelajaran sebelum perkuliahan dilaksanakan, yang interaktif dan atraktif, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran. Oleh sebab itu, mengacu pada hal tersebut diperlukan penelitian yang mengkaji tentang efektifitas pembelajaran daring pada mata kuliah tersebut, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 83 orang. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa, pembelajaran daring yang dilakukan melalui LMS Virlenda dan penggunaan media pembelajaran berbasis digital dapat dikatakan efektif. Sebab, berdasarkan hasil penelitian sebanyak 90% (78 orang) mendapat nilai di atas KKM. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, dan Drama).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eko Cahyo Prawoto, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat
Dekan FKIP Universitas Pattimura 

Pengarah
Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
FKIP Universitas Pattimura 

Ketua Pengelola
Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting
Viona Sapulette, S.Pd., M.Pd.,
Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd.,
Revannry Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari
Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. (Universitas Negeri Jakarta)
Prof. Dr. Setya Yuwana Sudikan, M.A. (Universitas Negeri Surabaya)
Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. (Universitas Negeri Yogyakarta)
Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)
Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)
Dr. Mariana Lewier, S.S., M.Hum. (Universitas Pattimura)
Dr. Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)
Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)
Nurlailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)
Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Negeri Jember)

References

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dwiyogo. Wasis D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Idammatussilmi. 2020. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA BERBANTUAN MEDIA DIGITAL DI MI NAJMUL HUDA KEMLOKO. Jurnal ASNA: Kependidikan Islam dan Keagamaan (Vol. 2 No. 1 2020).
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dwiyogo. Wasis D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Idammatussilmi. 2020. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA BERBANTUAN MEDIA DIGITAL DI MI NAJMUL HUDA KEMLOKO. Jurnal ASNA: Kependidikan Islam dan Keagamaan (Vol. 2 No. 1 2020). https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/27. diakses pada 1 Januari 2021
Kompas.com. “Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. “ 3 Maret 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all. Diakses pada 10 Januari 2021.
Mardalis. 2008. Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Surat Edaran Kemendikbud. 2020. “Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus Desease- 19 (Covid-19).”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19. diakses pada 10 Januri 2021.
Published
2021-04-01
How to Cite
Prawoto, E. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH APRESIASI SASTRA (PROSA, PUISI, DRAMA). ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 395-404. https://doi.org/10.30598/arbitrervol3no1hlm395-404