EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH APRESIASI SASTRA (PROSA, PUISI, DRAMA)
Abstract
Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, dan Drama) adalah matakuliah yang ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pada semester III. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring memerlukan persiapan yang lebih dibandingkan dengan pembelajaran luring. Sebab dosen harus mennyusun semua materi, sumber belajar, dan media pembelajaran sebelum perkuliahan dilaksanakan, yang interaktif dan atraktif, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran. Oleh sebab itu, mengacu pada hal tersebut diperlukan penelitian yang mengkaji tentang efektifitas pembelajaran daring pada mata kuliah tersebut, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 83 orang. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa, pembelajaran daring yang dilakukan melalui LMS Virlenda dan penggunaan media pembelajaran berbasis digital dapat dikatakan efektif. Sebab, berdasarkan hasil penelitian sebanyak 90% (78 orang) mendapat nilai di atas KKM. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, dan Drama).
Downloads
References
Dwiyogo. Wasis D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Idammatussilmi. 2020. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA BERBANTUAN MEDIA DIGITAL DI MI NAJMUL HUDA KEMLOKO. Jurnal ASNA: Kependidikan Islam dan Keagamaan (Vol. 2 No. 1 2020).
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dwiyogo. Wasis D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Idammatussilmi. 2020. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA BERBANTUAN MEDIA DIGITAL DI MI NAJMUL HUDA KEMLOKO. Jurnal ASNA: Kependidikan Islam dan Keagamaan (Vol. 2 No. 1 2020). https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/27. diakses pada 1 Januari 2021
Kompas.com. “Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. “ 3 Maret 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all. Diakses pada 10 Januari 2021.
Mardalis. 2008. Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Surat Edaran Kemendikbud. 2020. “Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus Desease- 19 (Covid-19).â€. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19. diakses pada 10 Januri 2021.
Copyright (c) 2021 ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.