PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

  • Yuni Oktaviana Universitas Islam Sultan Agung
  • Oktarina Puspita Wardani Universitas Islam Sultan Agung
Keywords: Media Augmented Reality, Artikel Populer, Motivasi Menulis

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam rangka menguji media pembelajaran berbasis teknologi terhadap motivasi menulis siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Desain penelitian ini menerapkan desain eksperimental semu yang berbentuk nonequivalent control group design, dimana diberikan pre-test sebelum treatment dan post-test setelah treatment. Temuan dari penelitian mengindikasikan adanya pengaruh media augmented reality berbasis problem based learning dalam menaikkan tingkat motivasi menulis siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang dalam pembelajaran artikel populer yang dapat dilihat berdasarkan –thitung < -ttabel  (-2,406 < -2,013) dan Sig. < 0,05 (0,020 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Oktarina Puspita Wardani, Universitas Islam Sultan Agung

Dosen pendidikan bahasa dan sastra indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas islam sultan agung semarang

Published
2025-04-23
How to Cite
Oktaviana, Y., & Wardani, O. (2025). PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 87-98. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no1hlm87-98