EVALUASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMP NEGERI 1 TARAKAN

  • Asih Riyanti Universitas Borneo Tarakan
  • Nur Aisyah Amiruddin Universitas Borneo Tarakan
  • Hijra Mulya Universitas Borneo Tarakan
  • Siti Nuraida Universitas Borneo Tarakan
  • Sarah Sakiah Universitas Borneo Tarakan
Keywords: evaluasi pembelajaran; menulis puisi; perspektif

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan akan berhasil jika guru dan siswa memiliki potensi yang baik dalam proses belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran berdasarkan perspektif guru dan siswa SMPN 1 Tarakan melalui angket dan wawancara. Metode yang digunakan meliputi wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa evaluasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru memiliki berbagai fungsi, yakni sebagai alat administratif, diagnostik, dan umpan balik. Pembelajaran puisi dinilai menarik serta membantu dari perspektif siswa pengembangan kreativitas dan ekspresi diri. Evaluasi secara berkala dilaksanakan untuk memastikan efektivitas pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, R. N., Rahmawati, R., Permana, D. 2020. Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. 2(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.

Fatzuarni, M. 2022. Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/g8h3p.

Faudiy, M. R. 2021. Evaluasi Pebelajaran sebagai sebuah Studi Literatur. Jurnal Dimar Pendidikan Islam. 3(1),174-197. DOI: https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. 2022. Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697.

Septiani, R. A. D., & Wardana, D. 2022. Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurna Perseda, 5(2), 130–137. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708.

Ujud, S., dkk. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. 6(2), 337-347. DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.

Published
2025-08-26
How to Cite
Riyanti, A., Amiruddin, N. A., Mulya, H., Nuraida, S., & Sakiah, S. (2025). EVALUASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMP NEGERI 1 TARAKAN. Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 111-120. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no2hlm111-120