EVALUASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMP NEGERI 1 TARAKAN
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan akan berhasil jika guru dan siswa memiliki potensi yang baik dalam proses belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran berdasarkan perspektif guru dan siswa SMPN 1 Tarakan melalui angket dan wawancara. Metode yang digunakan meliputi wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa evaluasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru memiliki berbagai fungsi, yakni sebagai alat administratif, diagnostik, dan umpan balik. Pembelajaran puisi dinilai menarik serta membantu dari perspektif siswa pengembangan kreativitas dan ekspresi diri. Evaluasi secara berkala dilaksanakan untuk memastikan efektivitas pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan.
Downloads
References
Aulia, R. N., Rahmawati, R., Permana, D. 2020. Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. 2(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.
Fatzuarni, M. 2022. Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/g8h3p.
Faudiy, M. R. 2021. Evaluasi Pebelajaran sebagai sebuah Studi Literatur. Jurnal Dimar Pendidikan Islam. 3(1),174-197. DOI: https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. 2022. Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697.
Septiani, R. A. D., & Wardana, D. 2022. Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurna Perseda, 5(2), 130–137. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708.
Ujud, S., dkk. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. 6(2), 337-347. DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.
Copyright (c) 2025 Nur Aisyah Amiruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









3.png)

