EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMP 1 TARAKAN

  • Nur Aisyah Amiruddin Universitas Borneo Tarakan
  • Asih Riyanti Universitas Borneo Tarakan
  • Hijra Mulya Universitas Borneo Tarakan
  • Sitti Nuraida Universitas Borneo Tarakan
  • Sarah Sakiah Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Evaluasi pembelajaran; perspektif guru; perspektif siswa; puisi; angketwawancara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan perspektif guru dan siswa melalui angket dan wawancara di SMPN 1 Tarakan. Metode yang digunakan meliputi wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru memiliki berbagai fungsi, termasuk sebagai alat administratif, diagnostik, dan umpan balik. Guru menerapkan pendekatan evaluasi yang adaptif terhadap kemampuan siswa, sementara siswa merasa nyaman dengan suasana evaluasi yang tidak menekan. Selain itu, pembelajaran puisi dinilai menarik dan membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas serta ekspresi diri. Evaluasi secara berkala diperlukan untuk memastikan efektivitas pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. 2021. Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1-10. https://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5564/3507.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. 2020. Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar [The Important Role Of Language Learning Evaluation In Primary Schools]. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22.

Dewi, S. N. A. 2024. Penggunaan Asesmen Diagnostik Pada Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan, 4(7). https://doi.org/10.17977/um065.

Fatzuarni, M. 2022. Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–10. https://osf.io/g8h3p/download.

Fuadiy, M. R. 2021. Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 173–197. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. 2022. Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697.

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.

K. Perayani, & I.W. Rasna. 2022. Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108–117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741.

Nuroh, E. Z., & Hidayati, U. N. 2023. Analisis Media Visual Berbasis Kata Kunci pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cendekiawan, 5(1), 45–61. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.284.

Putri, F., Zakir, S., Djambek, D., Alamat, B., Kampus, :, Jalan, I. I., Aur, G., Putih, K., Agam, K., & Barat, S. 2023. Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172–180. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1783.

Saputra, A. 2022. Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 73–83. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/861%0Ahhttps://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/download/861/811.

Septiani, E., & Sari, N. I. 2021. Analisis Unsur Intrinsik Dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Pujangga, 7(1), 96. https://doi.org/10.47313/pujangga.v7i1.1170.

Septiani, R. A. D., & Wardana, D. 2022. Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Perseda, V(2), 130–137. https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.

Warsah, I. 2022. Evaluasi Pembelajaran ( Konsep . Fungsi dan Tujuan ). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 190. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35.

Published
2025-08-26
How to Cite
Amiruddin, N. A., Riyanti, A., Mulya, H., Nuraida, S., & Sakiah, S. (2025). EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMP 1 TARAKAN. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 111-122. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no2hlm111-122