CADEL SEBAGAI GANGGUAN FONOLOGIS PADA REMAJA: TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK TERHADAP ARTIKULASI FONEM /R/

  • Khaila Riyanni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Liya Adqiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sundawati Tisnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Psikolinguistik, Cadel, gangguan berbicara

Abstract

Gangguan pelafalan fonem /r/ atau yang umum dikenal sebagai cadel merupakan salah satu bentuk gangguan fonologis yang dapat memengaruhi kemampuan komunikasi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena cadel dari sudut pandang psikolinguistik, dengan menyoroti faktor penyebab dan dampaknya terhadap kemampuan berbicara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap seorang remaja yang mengalami kesulitan dalam melafalkan bunyi /r/. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan, kondisi fisiologis alat ucap, dan
kemungkinan faktor genetik menjadi penyebab utama gangguan tersebut. Selain itu, gangguan ini juga memengaruhi rasa percaya diri dan interaksi sosial individu. Kajian ini menekankan pentingnya pendekatan lintas disiplin, baik dari aspek linguistik, psikologis, maupun medis dalam menangani gangguan fonologis seperti cadel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hidayanti, L. 2020. Fenomena Gangguan Berbahasa pada Anak Usia 3-6 Tahun dalam Lingkungan Masyarakat di Daerah Cisauk Tangerang. Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 3(1), 203-213.

Kifriyani, N. A. 2020. Analisis Penderita Gangguan Cadel Pada Kajian Psikolinguistik. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran. 7 (2): 39-40.

Matondang, C. E. H. 2019. Analisis Gangguan Berbicara Anak Cadel (Kajian pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 49-59.

Mawarda, F. 2021. Analisis gangguan berbahasa pada penderita cadel (kajian psikolinguistik). Lingua, 17(1), 44-52.

Rizkiani, A. 2021. Metode Terapi Wicara Untuk Gangguan Berbicara Pada Anak dan Dewasa. METAMORFOSIS Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 14(2), 26-38.

Sundoro, B. T., Oktaria, D., & Dewi, R. 2020. Pola Tutur Penderita Cadel Dan Penyebabnya (Kajian Psikolinguistik). Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 338-349.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Desy, Meilan. 2024. Memahami Gangguan Berbicara Cadel dan Dampaknya pada Komunikasi. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research. 1 (3): 1497.

Yusri, Mantasiah. 2020. Linguistik Makro (Kajian Internal Bahasa dan Penerapannya). Yogyakarta: Deepublish.

Published
2025-08-25
How to Cite
Riyanni, K., Adqiyah, L., & Tisnasari, S. (2025). CADEL SEBAGAI GANGGUAN FONOLOGIS PADA REMAJA: TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK TERHADAP ARTIKULASI FONEM /R/. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 99-110. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no2hlm99-110