SASTRA ANAK: PERIODESASI DAN IDEOLOGI KARYA SASTRA ANAK INDONESIA
Abstract
Kajian terhadap sastra anak yang ditinjau berdasarkan periodesasi dan ideologi merupakan usaha untuk memetakan perjalanan sejarah perkembangan sastra anak Indonesia. Sastra anak muncul di Indonesia, dari zaman purba ditandai dengan karya seperti dongeng, hikayat, pantun. Di era colonial Belanda, anak-anak Indonesia disuguhi dengan karya sastra anak yang diimpor dari eropa, dengan mengusung tema-tema impian dan masa depan. Di zaman pasca merdeka dan modern, sastra anak di Indonesia mengalami perkembangan pesat dengan bermunculannya penulis sastra anak dari usia anak-anak yang mengusung tema seputar kehidupan masyarakat Indonesia pada masanya serta mencoba mengangkat tema tema tentang Indonesia modern.
Downloads
References
Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Sastra Edisi ke 3. Bandung: Sinar Harapan Baru.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Kualitatif: suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chambert-Loir, H. 2018. Sastra dan Sejarah Indonesia Tiga Belas Karangan. Kepustakaan Populer Gramerdia.
Daryanto, A. D. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Faruk. 1994. Novel-Novel Indonesia: Tradisi Balai Pustaka 1920-1942. Universitas Gadjah Mada.
Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
Faruk. 2012. Metodologi Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Pustaka Pelajar.
Hardiman, F. Budi. 2009. Kritik Ideologi, Menyingkap Pertautan Pengetahuan dan Kepentingan Bersama Jurgen Habermas, Yogyakarta: PT. Kanasius.
Kratz, U. 2000. Sumber Terpilih Sejarah Sastra Indonesia. KPG.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mujiyanto, Y & Fuadi, A. 2014. Kitab Sejarah Sastra Indonesia. Penerbit Ombak.
M. Yoesoef. Rekayasa Mencipta Sastra Anak Engineering The Creating Of Children Literature: Seminar Nasional Sastra Anak. Di Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Sabtu, 28 Mei 2016.
Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.
Sarumpet, Riris Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sarwadi. 1994. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Gramedia.
Solichin, Moh. Badrus. 2018. Ketika Alam dan Perempuan Lembah Baliem Diperkosa oleh Antroposentrisme Kapitalis:Kajian Ekofeminisme dalam Novel Tanah Tabu. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(1). https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i1.7049.
Solichin, Moh. Badrus. 2022. Pengaruh Moderasi Terhadap Lokalitas Warna Novelkarya Perempuan Pemenang Utamasayembara Novel DKJ. Jurnal Estetika, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Estetika Vol 3 No 2.
Solichin, Moh. Badrus. 2023. Kritik Sastra Anak: Strukturalisme dan Problematikanya dalam Cerpen Gadis Penjual Korek Api. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20463
Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa
Yusuf, Syamsul. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Copyright (c) 2025 MOH BADRUS SOLICHIN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.