ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

  • Farah Nur Fakhriyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, novel.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan tindak tutur, yakni tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy dijadikan sumber data sebagai objek penelitian ini. Data yang dibahas ialah: (1) tindak tutur dan fungsinya yang juga dikaitkan dengan konteks, jarak sosial, dan budaya yang terdapat dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy, (2) jenis tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi (representatif, direktif, deklaratif, ekspresif, dan komisif), dan tindak tutur perlokusi (3) tuturan yang digunakan pada penelitian ini adalah tuturan yang dituturkan oleh tokoh dalam novel, dan narasi novel, data yang digunakan disesuaikan dengan tindak tutur yang akan diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DS, Rendro. 2010. Beyond Borders: Communication Modernity & History. Jakarta: Publisher STIKOM The London School of Public Relation.

Khalieqy, Abidah El. 2008. Perempuan Berkalung Sorban. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Kushartanti, dkk. 2007. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siddiq, Mohammad. 2019. “Tindak Tutur dan Pemerolehan Pragmatik pada Anak Usia Diniâ€. Dalam Jurnal Kredo Vol. 2, No. 2. April.

Sutopo, H.B. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitiani. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Umaroh, Liya, dan Neni Kurniati. 2017. “Dominasi Ilokusi dan Perlokusi dalam Transaki Jual Beliâ€. Dalam Jurnal Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan dan Budaya, Vol. 7, No. 1.

Warisman. 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Wibowo, Wahyu. 2009. Menuju Jurnalisme Beretika: Peran Bahasa, Bisnis, dan Politik di Era Modern. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Published
2020-08-01
How to Cite
Fakhriyah, F. (2020). ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 273-282. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm273-282