PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KENDARI (KAJIAN LESSON STUDY)

  • Aan Octoviar Universitas Sulawesi Barat
  • La Kiki Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Model PjBL, video dokumenter, keterampilan menulis, teks biografi.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi lesson study yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kendari dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta kompetensi siswa dalam menulis teks biografi melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan media video dokumenter. Subjek penelitian terdiri atas 26 siswa kelas X2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes kemampuan menulis, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL berbasis video dokumenter efektif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta keterampilan menulis teks biografi. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang cukup signifikan, yakni aktivitas guru mencapai 77,5% dan aktivitas siswa mencapai 76,25%, keduanya telah memenuhi batas keberhasilan minimal ≥75%. Selain itu, ketuntasan klasikal kemampuan menulis teks biografi siswa pada siklus II meningkat menjadi 88,46%, melampaui standar keberhasilan yang ditetapkan ≥85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lewis, C. and Hurd, J. 2015. Lesson Study Step by Step: How Teacher Learning Communities Improve Instruction. Portsmouth: Heinemann.

Fathurrohman, M. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Intan, dkk. Pembelajaran Menulis Teks Biografi Pada Siswa Smk Kelas X Dengan Menggunakan Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Powtoon. Jurnal Pendidikan Bahasa dam Sastra Indonesia. Vol 3 No. 4, Juli 2020. 559- 565.

Khoiruddin, Ahmad, dan Djoko Suwito. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Aksi dan Reaksi Gaya SMK Negeri 7 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 11 (10). Hal. 38 – 43.

Kosasih. 2016. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Mei, dan Sani Safitri. 2023. “Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 2 Kayuagung”. Jurnal Parameter. Vol. 35 (2). Hal. 89 – 101.

Nurhadi. 2017. Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Purnasari, Pebria Dheni. dan Yosua Damas Sadewo. (2020). “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik”. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 10 (3). Hal. 189 – 196.

Sunismi, Werdiningsih, D., & Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sudrajat, A. 2016. Lesson Study: Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wena,Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi. Aksara.

Published
2025-12-22
How to Cite
Octoviar, A., & Kiki, L. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KENDARI (KAJIAN LESSON STUDY). Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 287-296. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no3hlm287-296