REKONSTRUKSI CITRA DIRI DALAM JASA JOKI GALBAY ANALISIS WACANA KRITIS RELASI PENYELAMAT DAN KORBAN DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TIKTOK, DAN INSTAGRAM
Abstract
Pesatnya pertumbuhan financial technology (fintech) di Indonesia memunculkan fenomena gagal bayar (galbay) yang dialami debitur akibat asimetri literasi finansial. Kerentanan ini dimanfaatkan oleh penyedia jasa "Joki Galbay" melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan menganalisis konstruksi wacana persuasif dan struktur dominasi hegemoni yang dibangun oleh penyedia jasa joki dalam mengeksploitasi kondisi psikologis debitur. Menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) model Teun A. van Dijk yang disintesiskan dengan teori retorika Aristoteles, penelitian ini membedah dimensi teks, skema sosial, dan konteks sosial dari wacana di Facebook, TikTok, dan Instagram. Temuan menunjukkan bahwa bahasa digunakan sebagai instrumen kekuasaan yang memanipulasi emosi (pathos) dan logika semu (logos). Joki merekonstruksi citra diri sebagai "penyelamat" (savior) yang memiliki otoritas semu (Ethos), sementara menempatkan debitur dalam posisi subordinat sebagai "korban" yang bergantung. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa AWK efektif membongkar hegemoni digital yang beroperasi melalui strategi manipulasi kognitif (risk reduction) demi keuntungan ekonomi sepihak.
Downloads
References
Ali, N. 2023. Perlindungan Hukum Bagi Pemberi Pinjaman Terhadap Resiko Gagal Bayar Pinjaman Online. Palangka Law Review, 3(1), 14–31. DOI https://doi.org/10.52850/palarev.v3i1.9487
Amory, J. D. S., & Mudo, M. 2025. Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi: Tinjauan Literatur Tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 28–37.
Azzikri, M. F. 2023. Kebiasaan Menggunakan Layanan Jasa Pinjaman Online Oleh Pemuda di Kota Tangerang. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Dzaky, A. R. A., Kamal, M., & Badaru, B. (2024). Efektivitas Penegakan Hukum Terhadap Korban Melalui Aplikasi Pinjaman Online Ilegal yang Terjadi di Masyarakat. Journal of Lex Theory (JLT), 5(2), 711–729.
Fauzan, U. 2014. Analisis Wacana Kritis dari Model Fairclough Hingga Mills. Jurnal Pendidik, 6(1).
Gomulya, A. M. 2023. Efektivitas Peran Literasi Digital dalam Pembangunan Ekonomi Digital: Studi Kasus pada Korban Kejahatan Pinjaman Online Ilegal. Kritis, 32(2), 117–136. DOI https://doi.org/10.24246/kritis.v32i2p117-136.
Indra, F., Andreina, K., Kania, N. S., & Valensky, S. 2023. Peran Joki Dalam Perkuliahan Terhadap Etika: Tinjauan Dari Perspektif Mahasiswa Dan Dosen. Jurnal Bangun Manajemen, 2(1), 113–119.
Paramita, M. K. P., Susanti, L. E., & Pambudi, B. 2023. Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(4), 962–977.
Rahmanita, M. 2013. Fenomena Joki Three In One Sebagai Alternatif Pekerjaan Informal Pada Masyarakat Migran: (Studi pada Joki Three In One di Jalan Pintu Satu, Senayan, Jakarta Pusat) [Skripsi]. Universitas Negeri Jakarta.
Rifai, I., Mandey, S. L., & Lapian, S. L. H. V. J. 2023. Fenomena Pinjaman Online: Konsep dan Strategi Pemasaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sudibyo, A. 2019. Jagat Digital: Pembebasan dan Penguasaan. Kepustakaan Populer Gramedia.
Tania, C., & Laksono, V. B. 2022. Strategi Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram @somethincofficial. Avant Garde, 10(1), 30.
Van Dijk, Teun A. 1996. Discourse Analysis in Society. London: Academic Press Inc.
Wardhono, A., Indrawati, Y., & Qori’ah, C. G. 2018. Inklusi Keuangan Dalam Persimpangan Kohesi Sosial Dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Pustaka Abadi.
Yulianto, D. 2024. Analisis Kejahatan Ekonomi Dalam Praktik Pinjaman Online: Dampak Terhadap Masyarakat dan Strategi Penanggulangan. Jurnal Syntax Admiration, 5(12), 5641–5657.
Copyright (c) 2025 Ridha Nazharullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









3.png)

