PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PRODUKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

  • Mariana Lewier Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
  • Grace Somelok
  • Anatasya Yoris
Keywords: Model Pembelajaran Multiliterasi, Kemampuan Berbahasa Produktif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran multiliterasi yang dilakukan dalam proses perkuliahan Mata Kuliah Keterampilan Menulis semester genap tahun akademik 2019/2010. Model pembelajaran multiliterasi merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan aktual dengan konsep pendidikan abad XXI. Melalui penelitian ini diharapkan akan terjadi perbaikan dan peningkatan kemampuan menulis mahasiswa, baik secara akademik maupun nonakademik demi menunjang tercapainya mutu kelulusan calon pendidik dalam bidang bahasa dan sasrra Indonesia yang berkualitas. Pengumpulan data yang digunakan yaitu penugasan menulis artikel ilmiah populer, lembar observasi, angket, pedoman wawancara dosen dan mahasiswa, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis, dan direfleksi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Simpulan dari hasil  penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Multiliterasi pada materi menulis artikel ilmiah dapat meningkatan kemampuan menulis mahasiswa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 2 siklus.  Dengan demikian, penembelajaran model Multiliterasi dapat direkomendasikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa produktif  mahasiswa.   

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mariana Lewier, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Dafit, Febrina. 2017. “Pengaruh Model pembelajaran Multiliterasi terhadap Kemampuan Membaca dan Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar“. Diakses pada 30 Maret 2020 dari www.ejournal.unp.ac.id.
Gunawan, Heryanto. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara” dalam Metabasa:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Volume 1. No 1 (2019). Diakses dari www.jurnal.unsil.ac.id pada 30 Maret 2020.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.
Nurhadi. 2017. Handbook of Writing – Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Cetakan ke-5. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, H. Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Semi, Atar. 1996. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G..2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Thaba, Aziz. 2017. “Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi di Abad 21”. Diakses pada 1 Februari 2020 dari www.thabaart.blogspot.com.
Wijayani, Wahyu Putri. 2016. Pentingnya Penerapan Pembelajaran Multiliterasi dalam Memenuhi Tuntutan Zaman dan Tantangan Pendidikan. Diakses pada 2 Februari 2028 dari https://ichiryuchan.blogspot.co.id/2016/06/artikel konseptualpentingnyapenerapan.html.
Published
2021-07-10
How to Cite
Lewier, M., Somelok, G., & Yoris, A. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PRODUKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 405-422. https://doi.org/10.30598/arbitrervol3no1hlm405-422