PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PRODUKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran multiliterasi yang dilakukan dalam proses perkuliahan Mata Kuliah Keterampilan Menulis semester genap tahun akademik 2019/2010. Model pembelajaran multiliterasi merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan aktual dengan konsep pendidikan abad XXI. Melalui penelitian ini diharapkan akan terjadi perbaikan dan peningkatan kemampuan menulis mahasiswa, baik secara akademik maupun nonakademik demi menunjang tercapainya mutu kelulusan calon pendidik dalam bidang bahasa dan sasrra Indonesia yang berkualitas. Pengumpulan data yang digunakan yaitu penugasan menulis artikel ilmiah populer, lembar observasi, angket, pedoman wawancara dosen dan mahasiswa, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis, dan direfleksi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Multiliterasi pada materi menulis artikel ilmiah dapat meningkatan kemampuan menulis mahasiswa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 2 siklus. Dengan demikian, penembelajaran model Multiliterasi dapat direkomendasikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa produktif mahasiswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Dafit, Febrina. 2017. “Pengaruh Model pembelajaran Multiliterasi terhadap Kemampuan Membaca dan Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar“. Diakses pada 30 Maret 2020 dari www.ejournal.unp.ac.id.
Gunawan, Heryanto. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara†dalam Metabasa:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Volume 1. No 1 (2019). Diakses dari www.jurnal.unsil.ac.id pada 30 Maret 2020.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.
Nurhadi. 2017. Handbook of Writing – Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Cetakan ke-5. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, H. Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Semi, Atar. 1996. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G..2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Thaba, Aziz. 2017. “Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi di Abad 21â€. Diakses pada 1 Februari 2020 dari www.thabaart.blogspot.com.
Wijayani, Wahyu Putri. 2016. Pentingnya Penerapan Pembelajaran Multiliterasi dalam Memenuhi Tuntutan Zaman dan Tantangan Pendidikan. Diakses pada 2 Februari 2028 dari https://ichiryuchan.blogspot.co.id/2016/06/artikel konseptualpentingnyapenerapan.html.
Copyright (c) 2021 ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.