TINDAK TUTUR PUJIAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TUTUK TOLU

  • Aisa Rumbati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Bentuk Verbal, Fungsi, Modus.

Abstract

“Tindak Tutur Pujian Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tutuk Tolu†Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pattimura. Penelitian ini dapat menggambarkan tentang tindak tutur pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tutuk Tolu. peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif untuk menggambarkan hal-hal pokok yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, perekaman, dan` dokomentasi. Sementara itu teknik analisis kualitatif bergerak dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SMA Negerei 1 Tutuk Tolu, Kecamatan Tutuk Tolu, Kabupaten Seram Bagian Timur, ditemukan tuturan pujian dengan wujud, fungsi dan modus yang berbeda-beda yang menghasilkan tiga wujud verbal tuturan pujian di antaranya wujud deklaratif, wujud interogatif, dan wujud imperatif. Selain itu terdapat empat fungsi verbal yang ditemukan di antaranya fungsi peneriman, fungsi teguran, fungsi perintah, dan fungsi kritikan dengan modus tuturan langsung dan tuturan tidak langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aisa Rumbati, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Chaer, Abdul dan Agustina Laonie. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta
Ibrahim, Syukur Abdul. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya. Usaha Nasional Leuwol, Welda. 2015. “Tindak Tutur Imperatif Guru Play Group Pelangi Asih Kayu Tiga di Kota Ambon”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pattimura Ambon.
Moleong. Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pattiasina, P.J. 2005. “Bentuk Ekspresif Pujian Bahasa Indonesia dalam Masyarakat Tuturan Ambon . Malang: Universitas Negeri Malang” Tesis(Tesis tidak diterbitkan) Pattiasina, Petrus Jacob, Djoko Saryono, Maryaeni, Mudjianto. “Teacher’s Act Of Praise in the Classroom. Volume 6 Issue 5, May 2017, hal.1315-1319.Doi:10.21275/ART20173449. Diakses dari http://www.ijsr.net. Diunduh tanggal 3 maret 2020.
Rahardi, Kunjana. 2005. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak. BandarLampung: Universitas Lampung
Published
2020-12-01
How to Cite
Rumbati, A. (2020). TINDAK TUTUR PUJIAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TUTUK TOLU. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 351-366. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no3hlm351-366