KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SINEMATISASI PUISI KARYA DEWESY PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNPATTI

  • Elsa Latupeirissa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Apresiasi Puisi, Design Media Pembelajaran Audiovisual Sinematisasi Puisi

Abstract

Kemampuan mengapresiasi puisi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mendesain media pembelajaran audiovisual sinematisasi puisi. Kemampuan mengapresiasi puisi merupakan kemampuan memberi penilaian atau penghargaan terhadap karya itu dengan melibatkan aspek kognitif, aspek emotif dan aspek evaluatif. Kemampuan mendesain media pembelajaran merupakan upaya untuk ketersediaan media pembelajaran yang dijadikan sebagai bahan ajar serta sebagai upaya merevitalisasi karya sastra. Penilaian terhadap desain media ini dengan menggunakan beberapa kriteria yaitu pada teks puisi itu, pemeran tokoh , audio, dan visual. Lima belas responden dipakai untuk memberikan penilaian terhadap desain media pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah mahasiswa mampu mendesain media pembelajaran audiovisual sinematisasi puisi karya Dewesy sebagai bentuk kemampuan mereka dalam mengapresiasi puisi. Kemampuan apresiasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpatti sudah pada tahap produktif, yakni mampu mengahsilkan wajah karya sastra  dalam kemasan yang baru, tanpa menghilangkan makna dari karya itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Elsa Latupeirissa, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Rosdakarya Remaja
Sumardi dan Zaidan, 2008. Pedoman Pengajaran Apresiasi Puisi SLTP dan SLTA untuk Guru dan Siswa. Jakarta: Balai Pustaka
Waluyo, Herman. Prof. 2017. Pengkajian Dan Apresiasi Prosa dan Fiksi. Yogyakarta: Ombak
Published
2021-04-01
How to Cite
Latupeirissa, E. (2021). KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SINEMATISASI PUISI KARYA DEWESY PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNPATTI. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 423-436. https://doi.org/10.30598/arbitrervol3no1hlm423-436