PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 4 AMBON

  • Sisca Aprilia Cikita Samalelaway Universitas Pattimura
Keywords: keterampilan menulis, karangan argumentasi, model example non examples

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran example non examples jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA NEGERI 4 AMBON. Objek penelitian ini yaitu kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor tiap siklusnya mengalami peningkatan. Walaupun pada siklus I peningkatan hanya naik sedikit dan dapat disempurnakan pada pada siklus II berhasil mencapai KKM. Maka penelitian ini berakhir

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sisca Aprilia Cikita Samalelaway, Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Arikunto. S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Cipta: Jakarta
Cahyo. 2018. ”Jenis Karangan disertai Ciri-ciri dan Contohnya”.https://kependidikan.com/jeniskarangan/?epi=7%2CPAGE_ID10%2C4321012725. Diakses pada tanggal 30 Januari
Hamdayana, Jumanta. 2004. Model danMetodepembelajarankreatifberkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Hartama.M. I.C. 2016.“Kemampuan Menulis Argumentasi PadaSiswaKelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun elajaran2015/2016”.Skripsi.Lampung
:universitas Lampung
Kitabah. M. 2018. ”Tujuan Karangan Argumentasi”.http://ppg .Spada. Ristekdikti. Go.id/ mod/ page/ view.php?id=20293..( Diakses 22 Maret)
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013.TerampilBerbahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI
Mahsun. 2014. TeksdalampembelajaranBahasa Indonesia. Depok: Raja grafindopersada Nurgiyantoro.B. (2012). penilaianPembelajaranBahasaBerbasisKompetensi.Yogyakarta: BPFE
Rusman, 2010.Model-Model pemebelajaranedisikedua.Depok: Raja grafindopersada
Published
2021-08-01
How to Cite
Samalelaway, S. A. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 4 AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 489-502. https://doi.org/10.30598/arbitrervol3no2hlm489-502