PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 4 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran example non examples jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA NEGERI 4 AMBON. Objek penelitian ini yaitu kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor tiap siklusnya mengalami peningkatan. Walaupun pada siklus I peningkatan hanya naik sedikit dan dapat disempurnakan pada pada siklus II berhasil mencapai KKM. Maka penelitian ini berakhir
Downloads
References
Cahyo. 2018. ”Jenis Karangan disertai Ciri-ciri dan Contohnya”.https://kependidikan.com/jeniskarangan/?epi=7%2CPAGE_ID10%2C4321012725. Diakses pada tanggal 30 Januari
Hamdayana, Jumanta. 2004. Model danMetodepembelajarankreatifberkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Hartama.M. I.C. 2016.“Kemampuan Menulis Argumentasi PadaSiswaKelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun elajaran2015/2016”.Skripsi.Lampung
:universitas Lampung
Kitabah. M. 2018. ”Tujuan Karangan Argumentasi”.http://ppg .Spada. Ristekdikti. Go.id/ mod/ page/ view.php?id=20293..( Diakses 22 Maret)
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013.TerampilBerbahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI
Mahsun. 2014. TeksdalampembelajaranBahasa Indonesia. Depok: Raja grafindopersada Nurgiyantoro.B. (2012). penilaianPembelajaranBahasaBerbasisKompetensi.Yogyakarta: BPFE
Rusman, 2010.Model-Model pemebelajaranedisikedua.Depok: Raja grafindopersada
Copyright (c) 2021 ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.