KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 9 AMBON KECAMATAN BAGUALA
Abstract
Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penilitian pretespostes control grup design. Sampel penilitian adalah kelas X1 dan X2 I PA sebagai kelas eksperimen dan X3 I PA sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji -t dengan bantuan program SPSS versi 16.0Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks anekdot yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence siswa yang menggunakan model konvensional. Perbedaan tersebut dibuktikan dengan hasil postest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil perhitungan menunjukan bahwa skor t hitung kelas eksperimen sebesar -9,016 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada taraf signifikan 5% dan df 7. Siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model concept sentence.
Downloads
References
Mul yadi, Yadi. 2016. Bahasa Indonesia Untuk SMA-MA/SMK-MAK Kelas X, Edisi Revisi Penerbit: Yrama Widy a. Tarigan, H,G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: PT.Angkasa.
Copyright (c) 2021 ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.