MODEL PEMBELAJARAN 5I+1W UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS TEKS CERITA PENDEK DI SMP (SUATU PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN)

  • Mouren Wuarlela Politeknik Negeri Ambon
Keywords: Pembelajaran bahasa Indonesia, model pembelajaran picture and picture, model pembelajaran 5I 1W, kemampuan berpikir kreatif, menulis cerita pendek.

Abstract

Keterampilan menulis memiliki peran penting dalam membangun keutuhan pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengembangkan keterampilan menulis, khususnya menulis cerpen, peserta didik terlebih dulu harus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Namun, faktanya kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih sangat rendah sehingga berdampak pada keterampilan menulis peserta didik yang juga tergolong rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya dorongan dan motivasi yang termuat dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan melalui penerapan model-model pembelajaran masih belum terlaksana secara maksimal khususnya jika dihubungkan dengan Kurikulum 2013 yang berbasis saintifik (ilmiah). Oleh karena itu, model pembelajaran 5I+1W diharapkan dapat menjadi acuan untuk mempermudah guru merancang dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan menulis teks cerpen dalam konteks pembelajaran berbasis saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mouren Wuarlela, Politeknik Negeri Ambon

 

 

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamdani, M.A. 2010. Strategi belajar mengajar. Bandung :Pustaka Setia.
Hartoyo Pri, dkk. 2013. Implementasi Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita bagi Peserta didik Kelas VI Slb Negeri Klungkung. Jurnal. (online) (http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0
CF4QFjAF&url=http%3A%2F%2Fpasca.undiksha.ac.id%2Fejjournal%2Findex.php%2Fjurnal_tp%
2Farticle%2Fdownload%2F895%2F649&ei=Fx9aU8fvEYzp8AXMoIHAAg&usg=AFQjCNEmt3V DMXmHW4munLwDInvrUfNkkw&sig2=dEA8T7Ut1THD6yZrhY4rxg), diakses pada 19 Juli 2022.
Kartono, Marwiyanto, Nurhidayah. 2010. Peningkatan Kreatifitas dan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal. (online). (http://eprints.uns.ac.id/1187/1/76-238-1-PB.pdf), diakses pada 19 Juli 2022
Lestari Sri. 2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta didik dengan Pendekatan Kontekstual. (Tesis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Meylawa Cynthia, dkk. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jepang oleh Cynthia Meylawa, H. Sudjianto, Noviyanti Aneros. Jurnal (online) (http://jepang.upi.edu/jurnal/vol1no2agustus/13.EFEKTIVITAS%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PICTURE%20AND%20PICTURE%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KARANGAN%20BAHASA%20JEPANG.pdf), diakses pada 19 Juli
2022.
Munandar, S.C. Utami. (2003). Kreativitas & Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Nurhadi, dkk. 2002. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Parwati Ni Nyoman, dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif . Jurnal. (online)
(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105239&val=1341), diakses pada 19 Juli 2022.
Pehkonen, Erkki (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Jurnal. (online) (http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM )Volum 29 (June). Electronic Edition ISSN 1615-679X, diakses 19 Juli 2022.
Poedjiadi, A. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu bagi Pendidik. Bandung:Yayasan Cendrawasih.
Purnamawati Palupi. 2010. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia terhadap Kemampuan Berpikir Peserta didik. (Skirpisi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sanjaya, H. Wina, 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Peserta didiknto Joko dan Wakhid Abdul. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Media Audio-Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta didik. Jurnal. (online) (http://download.portalgaruda.org/article.php? rticle=7119&val=537), diakses pada 19 Juli 2022.
Suyanto, Kasihani E. 2003. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Makalah disajikan dalam Penataran Terintegrasi, AA dalam CTL. Malang: Universitas Negeri Malang
Published
2022-08-01
How to Cite
Wuarlela, M. (2022). MODEL PEMBELAJARAN 5I+1W UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS TEKS CERITA PENDEK DI SMP (SUATU PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN). ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 663-674. https://doi.org/10.30598/arbitrervol4no2hlm663-674