PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 05 SPAUK

  • Yusuf Olang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Lusiana Desi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Keywords: Metode Field Trip, Hasil Belajar, Menulis Karangan Deskripsi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada materi menulis karangan deskripsi kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Sepauk Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik  dan  alat  pengumpul  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung, sedangkan alat yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes, angket. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 64,37 dan rata-rata posttest 77,00, sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol 65,00 dan rata-rata posttest 72,73. Setelah dihitung secara statistik dengan menggunakan uji-z dengan α = 0,05 maka diperoleh nilai zhitung adalah 9,79 dan ztabel pada α = 0,05 adalah 1,96, hal ini berarti zhitung > ztabel yaitu 9,79 > 1,96 maka Ha (Hipotesis Alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis Nol) ditolak, artinya terdapat pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada materi menulis karangan deskripsi kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Sepauk Tahun Pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yusuf Olang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
 

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Jihad, A. dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, H, G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Published
2022-12-01
How to Cite
Olang, Y., & Desi, L. (2022). PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 05 SPAUK. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 731-740. https://doi.org/10.30598/arbitrervol4no3hlm731-740