Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sementara dalam pertimbangan untuk publikasi pada jurnal lain.
  • Artikel diserahkan dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi harus ditampilkan.
  • Panjang Artikel maksimal 10 halaman, dan harus mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan.

Author Guidelines

Kebijakan Editorial

Naskah yang dikirim untuk publikasi dalam jurnal ini tidak pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak dalam pertimbangan untuk publikasi di media lain. Semua naskah yang diterima untuk publikasi adalah peer-review. Sebagai hasil dari proses peer-review, sebuah naskah dapat diterima tanpa perubahan, direkomendasikan untuk modifikasi dan review lebih lanjut, atau ditolak. Jika diterima, naskah tidak boleh diterbitkan di tempat lain dalam bentuk yang sama, baik dalam bahasa yang sama atau yang lain, tanpa persetujuan editor. Penulis bertanggung jawab atas keakuratan ilmiah dari makalah. Jurnal ARIKA tidak bertanggung jawab atas kesimpulan dan kesalahan yang dibuat oleh penulis.

Biaya Publikasi

Tidak ada biaya untuk mengirim dan menerbitkan semua jenis artikel di Jurnal ARIKA. Semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini adalah akses terbuka dan tersedia secara bebas dan luas untuk semua pembaca melalui situs web jurnal. Jika menginginkan versi cetak dari terbitan Jurnal ARIKA, Penulis dikenakan biaya sebesar Rp 175.000,- untuk 2 (dua) buku (Belum termasuk ongkos kirim).

Aturan Penulisan

Judul dalam bahasa Indonesia untuk artikel berbahasa Indonesia atau Inggris untuk artikel berbahasa Inggris. Judul ditulis dengan jumlah maksimal 12 kata, jenis huruf Times New Roman, ukuran 11, kapital, dicetak tebal, dicetak tengah.
Identitas Penulis berisi Nama penulis ditulis lengkap, tanpa gelar, e-mail, Instansi, ditulis dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 10, regular, dicetak tengah.
Abstrak (Abstract) dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, diakhiri dengan kata kunci maksimal  1 baris. Abstrak ditulis maksimal 200 kata, dengan huruf Times New Roman, ukuran 10, dicetak miring, Justify.
Isi artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan huruf Times New Roman ukuran 10, regular, justify. Judul bab dicetak tebal tanpa penomoran. Nama tabel ditulis diatas tabel, sedangkan nama gambar ditulis dibawah gambar tanpa adanya penomoran.

Sistematika Penulisan

Untuk artikel hasil penelitian:

  • Pendahuluan
  • Landasan Teori
  • Metodologi Penelitian
  • Hasil dan Pembahasan
  • Kesimpulan

Untuk Aartikel kajian teoritis:

  • Pendahuluan
  • Landasan Teori
  • Pembahasan
  • Kesimpulan

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka ditulis memakai sistem nama dan ditulis menurut abjad. Contoh penulisan daftar pustaka:
Buku:
Erneste, Pamusuk (2005). Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: Penerbit Obor.
Jurnal Ilmiah:
Widya, Dessy & Ramaiyulis (2008). Penerapan Teknologi Defaunasi untuk Meningkatkan Produksi Air Susu Perah. Jurnal P&PT, III (3), 91-96.
Artikel dari Situs Internet:
Herkovich. A. (2005). Highwire Releases Millionth Articles. Diakses 1 Desember 2005 pada World Wide Web: http://news-service.stanford.edu/news/2005/October26/hig-102605.html
Artikel dari Surat Kabar
Usirisanda, M. (2004, 3 Maret). Aglomerasi dalam Pengembangan Kawasan Art Deco di Bandung. Suara Karya, hlm 12.

Teknik Penulisan

Naskah diketik pada kertas  A4 (21 x 29,7 cm), putih. Halaman disetting bolak-balik, dengan margin: Top: 3,5 cm, Bottom: 2,5 cm, inside: 3,5 cm, outside: 2,5 cm.
Naskah ditetik dalam 1 kolom, dengan warna huruf hitam. Jumlah halaman antara 6 sampai 10 halaman.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.