Analisis Kinerja Perusahaan PT. X dengan Metode Performance Prism

  • Andreas Palinoan
  • Saiful Mangngenre Universitas Hasanuddin
  • Nilda Pandjalangi
Keywords: Pengukuran Kinerja, AHP, Performance PRISM, OMAX

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan memvalidasi KPI (Key Performance Indicator) pada PT. X, menentukan pembobotan KPI pada perusahaan dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), menentukan nilai performansi perusahaan dengan metode Objective Matrix (OMAX), menganalisis kinerja PT. X berdasarkan hasil pengukuran yang didapatkan, serta memberikan saran perbaikan untuk indikator kinerja yang memerlukan perbaikan. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi KPI dengan metode performance prism dan selanjutnya adalah memvalidasi KPI dengan uji statistik. Setelah itu melakukan pembobotan KPI dengan metode AHP. Lalu menentukan nilai performansi dengan metode OMAX dibantu dengan tools Traffic Light System. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 24 KPI pada perusahaan yang terdiri dari 8 KPI kriteria strategi, 8 KPI kriteria proses, dan 8 KPI kriteria kapabilitas. Nilai performansi untuk kriteria KPI Strategi sebesar 7,207, nilai performansi untuk kriteria KPI Proses sebesar 7,345, nilai performansi untuk kriteria KPI Kapabilitas sebesar 8,040, serta nilai performansi untuk perusahaan sebesar 7,419. Dengan menggunakan metode OMAX dapat diketahui bahwa KPI yang masuk dalam kategori hijau sebanyak 14 KPI, sedangkan yang masuk dalam kategori kuning sebanyak 7 KPI dan yang masuk kategori merah sebanyak 3 KPI.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adianto, Saryatmo, M. A. & Gunawan, A. S. (2014). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Performance Prism Dan Scoring Objective Matrix (OMAX) Pada PT. BPAS," Sinergi, 18(2), 61-70.

Afifah, A., Syakhroni, A., & Khoiriyah, N. (2022). Performance Measurement Analysis Of Pt Pijar Sukma Using Performance Prism, Analytical Hierarchy Process (AHP), And Objective Matrix (Omax) Methods. Journal of Applied Science and Technology, 2(01), 34-41.

Cahyawati, A. N., Sulistyarini, D., H. & Swara, S. E. (2017). Penerapan Internal Eksternal Matrix dan Performance Prism dalam Upaya Pengukuran Kinerja Rumah Sakit X Malang. JIEM, 2(1), 1-15

Haqy, Z. K. (2011). Perancangan Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Balanced Scorecard (Studi Kasus: Perusahaan Daerah Air Minum Surakarta).

Hendrayana, I. G., & Mahendra, G. S. (2019). Perancangan Metode AHP-MOORA Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Wisata. Pros. Semin. Nas. Pendidik. Tek. Inform. Ke-10, 1(1), 143-149.

Hidayatullah, S., Dahda, S. S., & Ismiyah, E. (2022). Pengukuran Kinerja Perusahan Menggunakan Metode Objective Matriks (OMAX) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 2(2), 270-277.

Indrawan, F., & Nahartyo, E. (2017). Analisis Penilaian Kinerja Aktivitas Tanggung Jawab Sosial Dengan Metode Pengukuran Kinerja Prism Dalam Perspektif Global Reporting Initiative (GRI)(Kasus pada Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Suatu BUMN Pelabuhan). ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 7(4).

Mukti, A. R., A'yun, Q., & Suparto, S. (2021). Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)(Studi Kasus: Departemen Produksi PT Elang Jagad). Jurnal Teknologi dan Manajemen, 2(1), 13-18.

Nasution, R. H., Harahap, U. N., Hasibuan, Y. M., Satria, D., & Muhaimin, A. (2021). Analisa Pengukuran Kinerja Dengan Metode Performance Prism dan OMAX Di PT. Torganda Pks Rantau Kasai. Jurnal Simetri Rekayasa, 3(2), 234-238.

Prabowo, R., & Aditia, R. (2020). Analisis Produktivitas Menggunakan Metode POSPAC dan Performance Prism Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja (Studi Kasus: Industri Baja Tulangan di PT. X Surabaya). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(1), 11-22.

Rahabistara, Y., Katili, P. B., & Setiawan, H. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Performance Prism Di PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri Untirta.

Raharja, I., Irwati, D., & Hasibuan, S. (2019). Design of performance measurement in Indonesia plastics seeds coloring company by using stakeholder perspective PRISM. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8(5), 598-603.

Riniwati, H. (2016). Manajemen sumberdaya manusia: Aktivitas utama dan pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Rufaid, A. & Vidianto, M. I. (2018). Sistem Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Performance Prism di PT Karung Emas Manyar Gresik. Rekayasa, vol. 11(1), 46-54.

Santoso, A., Rahmawati, R., & Sudarno, S. (2016). Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Prioritas Pelanggan Berkunjung Ke Galeri (Studi Kasus Di Secondhand Semarang). Jurnal Gaussian, 5(2), 239-248

Published
2024-02-29
How to Cite
Palinoan, A., Mangngenre, S., & Pandjalangi, N. (2024). Analisis Kinerja Perusahaan PT. X dengan Metode Performance Prism. ARIKA, 18(1), 1-13. https://doi.org/10.30598/arika.2024.18.1.1
Section
Articles