Prioritas Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Sagu Tumang di Negeri Ihamahu dengan Metode QSPM

  • Richard A. de Fretes
  • Joice F. Laisila Universitas Pattimura
Keywords: Sago Starch, IFE, EFE, SWOT, SWOT Matrix, QSPM

Abstract

Luas area hutan sagu di Negeri Ihamahu mencapai 120 Ha yang dimanfaatkan oleh lebih dari 100 kepala keluarga untuk membuka usaha produksi pati sagu basah. Terdapat 34 rumah goti beroperasi secara aktif dengan rata-rata tiap usaha telah berjalan lebih dari 40 tahun. Namun usaha yang dimiliki sulit untuk mengalami perkembangan dalam kurung waktu tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha sagu tumang di Negeri Ihamahu melalu identifikasi faktor internal dan eksternal. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan studi pustaka. Analisis matriks IFE dan EFE menghasilkan 27 faktor dengan bobot masing-masing 2,525 dan 2,502 sehingga posisi usaha sagu tumang berada pada sel V dengan strategi utama yaitu pertahanan dan pemeliharaan dengan 12 alternatif strategi yang diformulasikan. Pengolahan data dengan metode QSPM diperoleh prioritas strategi pertama adalah alternatif strategi 1 yaitu meningkatkan kualitas dan kealamian produk sagu dengan harga yang tetap terjangkau untuk menarik minat konsumen dengan nilai Total Attractive Score/TAS tertinggi sebesar 4.611.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cindy dan Susanto, E.H. (2020). Analisis Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Dasar Nurture Spring Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(1), 40-45

Cravens, D. W. (1996). Pemasaran Strategis, Gelora Aksara Pratama, Jakarta , Hal. 40.

David, F. R., dan David, F. R. (2016). Manajemen Strategik, Alih Bahasa Alexander Sindoro, Prehallindo, Jakarta.

Febrianti, O. V., & K, M. S. (2014). Usulan Alternatif Strategi PT.X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). E Journal Graduate, Unpar, 1 -12.

Hayati N, Purwanto R, Kadir AW. 2014. Preferensi masyarakat terhadap makanan berbahan baku sagu (Metroxylon Sagu Rottb) sebagai alternatif sumber karbohidrat di Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Utara Sulawesi Selatan. Jurnal Peneliti Sosial Ekonomi Kehutanan, 11 (1): Hal. 82-90

Prastiti, R. A. (2012). Strategi Pengembangan Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Blora. e-jurnal Agrista. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rangkuti (2014). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis .Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama.

Rusdiansyah (2016). Analisis Strategi Aplikasi Penagihan Dengan Metode SWOT. Bina Insani ICT Journal.Vol 3, No.1.

Sanjaya, V.F., Shelawati, D., Ghati, L., Berama. (2020). IFE EFE dan Grand Stratgy Industri Kuliner. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 159-170

Sinaga, B. M., & Susilowati, S. H. (2007). Dampak kebijakan ekonomi disektor agroindustri terhadap distribusi pendapatan sektoral , tenaga kerja, dan rumah tangga di Indonesia: Analisis sistem neraca sosial ekonomi, SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian.

Setyorini, H., Effendi, M., Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53

Schuiling, D. L. dan M. Flach., 1985. Guidelines for the Cultivation of Sago Palm. Dept. Of Tropical Crop Science. Agric. Univ. Of Wageningen. The Netherlands.

Suci (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang. Vol 11, No.1.

Sumardjono, dan Sulton, S.C. (2018). Strategy Formulation of PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur. The Management Journal of BINANIAGA, 3(2), 56-70

Tambunan, W., Amalia, T., Priyana F. P. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Manis Bakery. Jurnal Intech.Vol 5.No.1 Universitas Serang Raya.

Umar, Husein. (2019). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Widianti, T., dan Damayanti, S. (2015). Analisis SWOT : Strategi Pengembangan Kelompok Penelitian. Jurnal Nasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Widiyarini dan Hunusalela, Z.F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. Journal Of Applied Bissines and Economic. Vol 5, No.4.

Wilhamdoni., dan Asmadi, I. (2019). Analisis Strategi Bisnis PT. Centrepark Citra Corpora di Teras Kota Mall Tangerang Selatan. Dimensi, 8(2), 372-385.

Published
2024-03-14
How to Cite
de Fretes, R., & Laisila, J. (2024). Prioritas Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Sagu Tumang di Negeri Ihamahu dengan Metode QSPM. ARIKA, 18(1), 31-38. https://doi.org/10.30598/arika.2024.18.1.31
Section
Articles