Alternatif Pemilihan Bahan Pipa untuk Mencegah Korosi pada Raw Water Filter Mesin SWD 6TM410RR PLTD Hative Kecil

  • B. J Camerling Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Istawa. A. Abdullah PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ambon
Keywords: Raw Water Filter, Pipa PVC (Poly Vinyl Chloride)

Abstract

Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) adalah pembangkit listrik yang menggunakan sistem mesin pembakaran dalam yang memerlukan sistem pendinginan. Proses pembakaran pada ruang bakar akan menimbulkan panas yang tinggi selama pembakaran berlangsung. Oleh sebab itu untuk menghindari terjadinya kerusakan pada material yang berhubungan langsung dengan proses pembakaran maka diperlukan proses pendinginan. Salah satu Sistem pendinginan pada mesin yang terdapat di PLTD Hative Kecil yaitu yang sistem pendinginan dengan menggunakan media air laut (raw waer cooling system). Sistem pendingin tersebut digunakan untuk mendinginkan minyak pelumas, jacket water, dan intercooler. Raw water cooling system memiliki efisiensi yang lebih tinggi dan dapat mendinginkan secara merata. Adapun kerugian raw water cooling system adalah pada instalasi pemipaan dan komponennya mudah sekali terjadi pengkaratan disebabkan air laut yang bersifat korosif. Raw water cooling system mengalami korosi pada filternya (berbahan stainless steel) sehingga membuat lubang-lubang filter menjadi semakin besar. Korosi tersebut mengakibatkan banyak kotoran yang tembus melewati lubang-lubang filter hingga menutupi lubang-lubang tubing pendingin minyak pelumas, jacket water dan intercooler. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu kelancaran operasional dan pemeliharaan mesin karena terjadinya penurunan performa, mesin trip akibat over heating dan dapat berdampak pada kerusakan material. Untuk itu dengan adanya permasalahan tersebut maka diadakan penelitian untuk dilakukan pemilihan bahan raw water filter dengan menggunakan bahan pipa sehingga diharapkan Raw water cooling system tidak mengalami korosi pada filternya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfa. (2015)., Analisa Keputusan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar-Umb.

Camerling, Billi J. (2000)., Penerapan Metode Rekayasa Nilai Pada Penentuan Peralatan Trawl Kapal. Tesis Magister Teknik pada ITS Surabaya.

Heller, Edward. D., (1971)., Value Management : Value Engineering and Cost Reduction. Pillipines : Wesley Publishing Company, Inc.

Masbachul Ulum., (1996)., Penerapan Rekayasa Nilai pada Perencanaan Lambung Kapal Nelayan. Tugas Akhir pada Teknik Industri ITS Surabaya.

Miles, Lawrence. D. (1972)., Techniques of Value Engineering and Analysis (2nd ed.). New York : Mc Graw Hill Inc.

Thomas. L. Saaty (1976)., Pengambilan Keputusan Bagi Para Pimpinan. Hal 85.

Wiranto Arismunandar, Koichi Tsuda. (1986)., Motor Diesel Putaran Tinggi. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

Published
2018-03-12
How to Cite
Camerling, B. J., & Abdullah, I. A. (2018). Alternatif Pemilihan Bahan Pipa untuk Mencegah Korosi pada Raw Water Filter Mesin SWD 6TM410RR PLTD Hative Kecil. ARIKA, 12(1), 53-66. https://doi.org/10.30598/arika.2018.12.1.53
Section
Articles