Analisa Pembebanan Static Terhadap Kekuatan Velg Racing Sepeda Motor Yamaha Matic Dengan Menggunakan Software Solidworks
Abstract
Saat ini, ada banyak velg alumanium yang diproduskioleh industri komponen otomotif lokal dengan bebagai jenis model, bentuk dan geometri yang berbeda-beda berdasarkan tren yang ada. Tetapi kasus yang dijumpai adalah, apakah velg-velg tersebut mampu menahan beban maksimal yang harus diterima, untuk itu dengan mempertimbangkan semua kondisi yang ada, penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kekuatan dari berbagai desain model velg racing sepeda motor YAMAHA matic yang telah diproduksi atau bahkan telah dipasarkan. Metode analisa yang dipakai untuk menganalisa 3 model velg racing dari beberapa model yang telah dipasarkan adalah bantuan program Software Solidworks 2010, analisa akan dilakukan dengan cara simulasi pembebanan static (static test) dengan variasi gaya normal yang bekerja pada velg sesuai dengan kondisi pada kecepatan 40 Km/Jam, 50 Km/Jam, 60 Km/Jam, dan 70 Km/Jam. Dari simulasi yang telah dilakukan, didapati bahwa model velg lainnya karena memiliki nilai tegangan maksimum yang lebih rendah yaitu : 7,16 N/mm2 ; 7,03 N/mm2 ; 6,87 N/mm2 ; dan 6,67 N/mm2.
Downloads
An author who publishes in the ARIKA Jurnal agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants ARIKA journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).