Analisa Pembebanan Static Terhadap Kekuatan Velg Racing Sepeda Motor Yamaha Matic Dengan Menggunakan Software Solidworks

  • Nasir Suruali Universitas Pattimura
  • Kristeferd N. Wuritimur Universitas Pattimura
Keywords: Rim Geometry, Velocity, Normal Force, Maximum Von Misses Stress

Abstract

Saat ini, ada banyak velg alumanium yang diproduskioleh industri komponen otomotif lokal dengan bebagai jenis model, bentuk dan geometri yang berbeda-beda berdasarkan tren yang ada. Tetapi kasus yang dijumpai adalah, apakah velg-velg tersebut mampu menahan beban maksimal yang harus diterima, untuk itu dengan mempertimbangkan semua kondisi yang ada, penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kekuatan dari berbagai desain model velg racing sepeda motor YAMAHA matic yang telah diproduksi atau bahkan telah dipasarkan. Metode analisa yang dipakai untuk menganalisa 3 model velg racing dari beberapa model yang telah dipasarkan adalah bantuan program Software Solidworks 2010, analisa akan dilakukan dengan cara simulasi pembebanan static (static test) dengan variasi gaya normal yang bekerja pada velg sesuai dengan kondisi pada kecepatan 40 Km/Jam, 50 Km/Jam, 60 Km/Jam, dan 70 Km/Jam. Dari simulasi yang telah dilakukan, didapati bahwa model velg lainnya karena memiliki nilai tegangan maksimum yang lebih rendah yaitu : 7,16 N/mm2 ; 7,03 N/mm2 ; 6,87 N/mm2 ; dan 6,67 N/mm2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-03-08
How to Cite
Suruali, N., & Wuritimur, K. (2014). Analisa Pembebanan Static Terhadap Kekuatan Velg Racing Sepeda Motor Yamaha Matic Dengan Menggunakan Software Solidworks. ARIKA, 8(1), 29-42. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/view/393
Section
Articles