ANALISIS KESESUAIAN PARAMETER KUALITAS AIR MINUM DALAM KEMASAN YANG DIJUAL DI KOTA AMBON DENGAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI)

  • Vindi Musli Universitas Pattimura
  • R. de Fretes Universitas Pattimura
Keywords: Air Minum, Most Probable Number Method, Standar SNI

Abstract

Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Sekitar 50 hingga 70% dari massa tubuh kita terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel dan semua organ. Salah satu manfaat minum air putih adalah menghindari dehidrasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen laboratorium. Analisis data didukung oleh pemeriksaan laboratorium menggunakan metode MPN (Most Probable Number). Hasil penelitian memberikan hasil yang sama dari air minum dalam kemasan di Kota Ambon dengan karakteristik fisik, kimia dan mikrobiologi yang paling mendekati kualitas standar kerja yang digunakan yaitu Ayudes diikuti oleh Aiso dan yang terakhir adalah Wish. Ini tidak berarti bahwa Aiso dan Wish tidak layak dikonsumsi, karena menurut hasil tes dan standar SNI jenis-jenis air tersebut sangat aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-12
How to Cite
Musli, V., & de Fretes, R. (2016). ANALISIS KESESUAIAN PARAMETER KUALITAS AIR MINUM DALAM KEMASAN YANG DIJUAL DI KOTA AMBON DENGAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI). ARIKA, 10(1), 57-74. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/view/429
Section
Articles