ASSESMENT PERLAKUAN LELANG ONLINE PENGGADAAN INFRASTRUKTUR PADA INSTANSI PEMERINTAH DI KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Imran Oppier Universitas Pattimura
Keywords: e-procurement, SWOT, Pengadaan barang/jasa

Abstract

Diberlakukan e-procurement karena berbagai kelemahan sistim konvensional yang membuka peluang timbulnya KKN. Hadirnya e-procurement dalam rangka pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dalam proses pengadaan barang/jasa serta untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang efisien, efektif, adil dan transparansi. Namun  e-procurement  masih memiliki beberapa kelemahan, hambatan serta permasalahan dalam proses pelaksanaannya. Untuk itu sangat diperlukan evaluasi penerapan e-procurement, dan bagaimana pengaruh penerapan e-procurement terhadap kinerja dan efisiensi pengadaan serta strategi pemerintah kabupaten Maluku Tengah ke depan dalam memberlakukan sistim e-procurement.Hasil dari penelitian yaitu meliputi sistim manajemen kontrol,Kualitas,Kerjasama dengan Mitra Kerja,Hukum dan Peraturan Tentang e-procurement, dan variabel yang berpengaruh dan sangat penting terhadap efisiensi adalah Manajemen Kontrol Data. Sedangkan posisi organisasi (LKPP) yang menjalankan sistim e-procurement dalam situasi memiliki peluang dan kekuatan dalam informasi yang bisa diakses lebih mudah dan luas, proses lelang menjadi cepat, pengadaan yang bersih dan transparan serta mendapatkan hasil pengadaan yang sesui dengan ketentuan/spesifikasi. Strategi yang digunakan guna pengembangan organisasi (LKPP) dalam menjalankan sistim e-procurement adalah Meningkatkan sistim manajemen kontrol data dalam upaya proses pengadaan yang bersih dan transparansi, meningkatkan keberhasilan pada kemampuan sumber daya manusia, Pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur TI  yang terbagi dalam tiga kelompok: perangkat keras,piranti lunak,jaringan computer untuk mewujudkan aplikasi e-procurement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali,2005,:www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2212567112003255, The effect of market and learning orientation on strategy dynamics: The contributing effect of organisational ... Journal of Small Business Management, Vol. 42 No. 2, pp. 134-54.

Gudono, 2012, Analisis Data Multivariat, BPFE,Yogjakarta

KPK, Desember 2007, Mencegah Korupsi Melalui e-Procurement

Latan H & Gudono., (2012), SEM Structural Equation Modeling, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Yogjakarta

LKPP, Inovasi e-Procurement Sebagai Inovasi Pelayanan Public, Jakarta ,2009

Perpres RI No. 54 Tahun 2010. Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Perpres RI No. 70 Tahun 2012. Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta

Riduwan , M.B.A, Dasar – Dasar Statistika, Penerbit Alfabeta Bandung, 2003

Soemarno. 2011. Analisis SWOT Dalam Kajian Lingkungan dan Pembangunan. PMPSLP – PPSUB. Malang

Wibawa B.A, 2012, Membedah e-Proc Konsultan,www.inkindo-jateng.web.id, diakses 5 Januari 2014

Wijaya, W H , ( 2011), Studi penerapan e-Procurement pada proses pengadaan di Pemerintah kota Surabaya

Published
2017-09-15
How to Cite
Oppier, I. (2017). ASSESMENT PERLAKUAN LELANG ONLINE PENGGADAAN INFRASTRUKTUR PADA INSTANSI PEMERINTAH DI KABUPATEN MALUKU TENGAH. ARIKA, 11(2), 155-168. https://doi.org/10.30598/arika.2017.11.2.155
Section
Articles