ERGO DESAIN ALAT PEMECAH BIJI KENARI

  • Arminas Arminas Politeknik ATI Makassar, Indonesia
  • Nurulinzany Nurulinzany Politeknik ATI Makassar, Indonesia
Keywords: Kata kunci: muskuloskeletal, REBA, aktivitas kerja, postur kerja, ergonomi

Abstract

Gangguan muskuloskeletal merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat pekerjaan. Pengerahan tenaga yang berlebihan karena bekerja dengan beban yang berat merupakan risiko terjadinya keluhan muskuloskeletal dan kelelahan dini. Beberapa faktor penyebab keluhan muskuloskeletal adalah aktivitas kerja yang berulang, peregangan otot yang berlebihan, sikap kerja yang tidak wajar, penyebab sekunder, dan penyebab kombinasi. Aktivitas yang dilakukan berulang kali dan postur tubuh yang tidak wajar terjadi pada usaha pengolahan hasil panen kenari di Kabupaten Kepulauan Selayar. Postur kerja yang tidak ergonomis menimbulkan berbagai keluhan pada otot-otot tubuh dari para pekerja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan observasi. Metode pengumpulan data penelitian adalah dengan merekam aktivitas pekerja kerupuk kenari dengan video dan foto yang digunakan untuk mengetahui sudut bagian tubuh pekerja. Metode analisis data yang digunakan adalah metode REBA (Rapid Entire Body Assessment). Metode REBA merupakan metode yang dapat digunakan untuk menilai postur kerja, seperti posisi leher, punggung, lengan, pergelangan tangan dan kaki. Berdasarkan hasil analisis metode REBA terhadap postur kerja penghancur kenari beresiko tinggi dan perlu segera dilakukan tindakan korektif dengan skor 10. Sehingga usulan perbaikan postur kerja dengan penambahan penghancur kenari diperoleh, skor REBA 2 memiliki risiko rendah.

 

Kata kunci: muskuloskeletal, REBA, aktivitas kerja, postur kerja, ergonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, A. (2020). Analisis Korelasi Antara Jumlah Produksi Terhadap Pendapatan Petani Kenari (Canarium Indicum L.). di desa Onto Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar [Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar].

Buchari. (2007). “Penyakit Akibat Kerja Dan Penyakit Terkait Kerja.” Universitas Sumatera Utara Repository, 1–28.

Joanda, A.D. dan Suhardi, B. (2017). Analisis Postur Kerja Dengan Metode REBA Untuk Mengurangi Resiko Cedera Pada Operator Mesin Binding Di PT Solo Murni Boyolali. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2017, 8–9. https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/Prosiding2017_ID016.pdf

Sulaiman, F. dan Sari, Y.P. (2015). Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengeasahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode Reba. Jurnal Optimalisasi, 1(1), 32–42.

Tarwaka. (2010). Ergonomi Industri: Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja, Solo: Harapan Press.

Published
2022-02-28
How to Cite
Arminas, A., & Nurulinzany, N. (2022). ERGO DESAIN ALAT PEMECAH BIJI KENARI. ARIKA, 16(1), 21-26. https://doi.org/10.30598/arika.2022.16.1.21
Section
Articles