Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Online Single Submission (OSS) dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi memberikan sumbangan penting bagi pemerintah dalam menentukan perencanaan, pengawasan, dan membuat keputusan secara efektif. Pemerintahan pada era globalisasi ini telah mendapat desakan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pada kinerja pegawai dan didesak untuk dapat meningkatkan partisipasi aktif dalam pemberian informasi bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem Online Single Submission (OSS) dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. Penelitian ini digunakan pendekatan analisis kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada DPMPTSP Kota Samarinda, dengan jumlah sampel 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas sistem OSS terhadap kinerja karyawan tidak berpengaruh, dimana hasil pada t-hitung sebesar -0,819 yang mana lebih kecil dari t-tabel sebesar 2,010. Sedangkan hasil pengujian hipotesis kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan berpengaruh dimana hasil t-hitung sebesar 3,313 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,010
Downloads
References
Ajija, Shochrul Rohmatul. 2011. Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.
Aryandara. (2018, 15 Agustus). OSS dan Poin Penting dalam Pengajuan Perizinan Berusaha. https://www.easybiz.id/oss-dan-poin-penting-dalam-pengajuan-perizinan-berusaha
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Halin, Hamid. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja Di Palembang Pada Pt Semen Baturaja (Persero) Tbk. Volume 3 Nomor 2 Edisi Agustus 2018. ISSN : 2540-816X
Hasibuan, Syahrial. (2021). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Langkat Nusantara Kepong (PT. LNK). Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains.Volume 1 No 1 Available at: https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jurnalfasosa/article/view/2392
Mangkunegara, A.A.A.P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, cetakan kelima, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Tumarni. (2015). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Penggunaan Nyata Terhadap Kepuasan Pemakai Laporan keuangan (Studi Pada Satuan kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi). Journal of Chemical Information and Modeling, 53, 1689–1699.
Sugiyono. (2006). Statisktika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta
Suharno, Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas, Seger Priantono. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah Kota Probolinggo).Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 2.
Sutrisno, H. E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: KENCANA
Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi: Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.
Yusuf, B. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers
Indrajit, R. E. (2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Andi.
Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7 No. 1. Januari – Juni 2018 (17-23)
Copyright (c) 2022 Kasriah Kasriah, Anggriani Profita, Dharma Widada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ARIKA Jurnal agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants ARIKA journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).