Analisis Service Quality Industri Jasa Otomotif pada Masa Pandemi Covid – 19

  • Muhammad Farid Universitas Negeri Makassar
  • Wabdillah Wabdillah Universitas Negeri Makassar
  • Jumadin Jumadin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Service Quality, Industri Jasa Otomotif, Covid-19

Abstract

Penelitian Analisis Service Quality Industri Jasa Otomotif bertujuan mengidentifikasi service quality industri jasa otomotif dan menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pada industri jasa otomotif di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan lima variabel  manifes yaitu accesibility, tangibility, responsivenes, competence dan reliability. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa implementasi lima variabel ini pada industri jasa otomotif di masa pandemi covid-19 telah terlaksana dengan baik. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh  yang signifikan antara accesibility terhadap service quality dengan nilai rhitung 0,691, dan nilai sig 0,000, (2) Terdapat pengaruh  yang signifikan antara tangibility terhadap service quality dengan nilai rhitung 0,778 dan nilai sig 0,000, (3) Terdapat pengaruh  yang signifikan antara responsiveness terhadap service quality dengan nilai rhitung 0,894 dan nilai sig 0,000, (4) Terdapat pengaruh  yang signifikan antara competence terhadap service quality dengan nilai rhitung 0,854 dan nilai sig 0,000, (5)Terdapat pengaruh  yang signifikan antara reliability terhadap service quality  dengan nilai rhitung 0,747 dan nilai sig 0,000. Hasil uji regresi terkait analisis hubungan variabel service quality dengan variabel customer satisfaction maka  dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  yang signifikan antara service quality terhadap customer satisfaction dengan nilai rhitung 0,747 dan nilai sig 0,000

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berndt, A., 2009, Investigating Service Quality Dimensions In South African Motor Vehicle Servicing, African Journal of Marketing Management, 1 (1), 1-9

Bojanic, D., dan Rosen, D., 1994, Measuring Service Quality In RestaurantL am Application of The SERVQUAL Instrument, Hospitality Research Journal, 18 (1), 3-14

Bolton, R.N. dan Drew, J.H., 1991, A Multistage Model of Consumer Assessment of Services Quality and Value, Journal of Consumer RESEARCH, 17, 375-384.

Castel, D., 2001, A Sustainability Vision for the Automotive Services Industry, Prepared for Oregon DEQ, USEPA Region X Office Seattle, Washington.

Connor, B., 2006, What Is Your New Business Model, Motor, February, 55-58.

Confederation of India Industry, 2008, Skill Gaps in Indian Automotive Service Industry Sector, CII Report for Auto Serv 2008, India’s Focused Exhibition on Automotive Care, 7 – 9 November, Chennai, India.

Dabholkar, P.A., Shepherd, C.D. and Thorpe, D.I., 2000, A Comprehensive Framework For service Quality: an Investigation of Critical Conceptual and Measurements Issues Through a Longitudinal Study, Journal of Retailing, 76 (2), 131-139

Darastemi, A.Y. dan Jahromi, A.E., 2009, Measuring Customer Satisfaction Using a Fuzzy Inference System, Journal of Applied Science, 9 (3), 469 - 478

Farid, M., 2010, Pengembangan Model Service Quality pada Industri Otomotif, Tesis, Program Studi Teknik dan Manajemen Industri. Institut Teknologi Bandung

Farid, M. dan Wiratmadja, I.I., 2011. Pengembangan Model Service Quality pada Industri Otomotif, Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri & Kongres BKSTI, 5-6 Oktober 2011, Medan, Indonesia.

Getty, J.M. dan Getty, R.L., 2003, Lodging Quality Index (LQI) Assessing Customer’s Perceptions of Quality Delivery, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 15 (2), 94 - 104

Gronroos, C., 2000, Service Management and Marketing; A Customer Relationship Management Approach, Second Edition, John Wiley &Sons, New York.

Lamb, Charles, Joseph H., dan Daniel, M.C., 2001, Marketing, Edisi ke 5, Alih Bahasa edisi Indonesia oleh David Ocatavia, Salemba Empat, Jakarta.

Martin, M. J. C., 1994, Managing Innovation and Entrepreneurship in Technology-Based Firms, John Wiley &Sons, INC, New York.

Miguel P. A.C., Da Silva MT., Chiosini, E. L., dan Schutzer, K., 2005, Assessment of Service Quality Dimensions: a Study in a Vehicle Repair Service Chain, http://www.poms.org/conferences/cso2007/talks/36.pdf

Olorunniwo, F., dan Hsu, M.K. 2006, A Tipologi Analysis of Service Quality, Customer Satisfaction and Behaviorial in The Service Factory , Managing Service Quality, 16 (2), 106 – 123.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., Berry L.L., 1985, A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication For Future Research, Journal of Marketing, 49 (4), 41-50.

Sakina, L., 2003, Identifikasi Bariabel Kualitas Pelayanan Bengkel untuk Memperbaiki Kualitas Jasa Bengkel Mobil, Tesis, Program Studi Teknik dan Manajemen Industri. Institut Teknologi Bandung.

Schmenner, R.W., 2004, Service Business and Productivity, Decision Sciences, 35 (3), 333-347

Sekaran, 2003, Research Methods For Business, Edisi ke 4, Alih Bahasa Indonesia: Kwan Men Yon, Salemba Empat, Jakarta

Sugiyono, 2008, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Triatmono, 2021, Data Penjualan Mobil Tahun 2010-2021,https://triatmono.info/data-penjualan-tahun-2012/data-penjualan-mobil-2017/

Wang, C-N., Day, J-D., & Farid, M., 2019. Service Innovation Model of the Automobile Service Industry, Applied Sciences,9 (12), 2403.

Zeithaml, V.A., dan Bitner, M.J., 2000, Service Marketing; Integrating CustomerFocus Across The Firm, Irwin McGraw-Hill, New York. http://www.auto2000.co.id/page/info_bengkel_auto2000.aspx Diakses tanggal 17 April 2021.

Published
2022-08-31
How to Cite
Farid, M., Wabdillah, W., & Jumadin, J. (2022). Analisis Service Quality Industri Jasa Otomotif pada Masa Pandemi Covid – 19. ARIKA, 16(2), 53-63. https://doi.org/10.30598/arika.2022.16.2.53
Section
Articles