Pelatihan Pemanfaatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Keywords: Pelatihann, Peta timbul,, Pembelajaran

Abstract

Pelatihan pembuatan peta timbul bagi guru-guru IPS di Kota Ambon merupakan inisiatif penting untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang topografi wilayah. Dengan pendekatan holistik yang melibatkan serangkaian tahapan terstruktur, pelatihan bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang kuat kepada guru-guru dalam membuat dan menggunakan peta timbul sebagai alat pembelajaran yang efektif. Metodologi yang digunakan mencakup identifikasi kebutuhan awal guru, pemilihan instruktur berpengalaman, penyusunan materi pelatihan yang relevan, dan pelaksanaan pelatihan melalui serangkaian sesi yang terstruktur. Setelah pelatihan selesai, kegiatan tindak lanjut dilakukan melalui pemantauan, pendampingan, dan evaluasi dampak jangka panjang. Hasil pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam membuat peta timbul yang informatif dan memanfaatkannya secara efektif dalam proses pembelajaran. Peta timbul diharapkan dapat lebih baik memvisualisasikan karakteristik topografi wilayah kepada siswa, sehingga memperkaya pengalaman belajar. Dengan demikian, pelatihan diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa untuk lebih memahami lingkungan tempat tinggalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Aam Amaliyah, Azwar Rahmat Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021. Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Basyari, I. W., Sugiarti, I. Y., & Karimah, N. I. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.149
Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 211–221. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2139
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.
Ely, D. P. (1990). Conditions that Facilitate the Implementation of Educational Technology Innovations. Journal of Research on Computing in Education, 23(2), 298–305. https://doi.org/10.1080/08886504.1990.10781963
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2013). Removing obstacles to the pedagogical changes required by Jonassen’s vision of authentic technology-enabled learning. Computers & Education, 64, 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.008
Halim, A. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 8333–8341. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2819
Heni, V., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2018). Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Peta Timbul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sel. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 20–26. https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.221
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.
Inayah, I. S. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4), 2923–2936. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10049
Mandela, N. (2008). Long walk to freedom: The autobiography of Nelson Mandela. Hachette UK.
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85–139). Elsevier.
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Nisa, J. (2022). Literasi Geografi Model Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Future Project Academy.
Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.
Rahayu, F. R. (2023). Strategi Komunikasi Efektif Guru dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa di MTs YPK Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara :Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 1(1), 116–123. https://doi.org/https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.128
Ramadhani, N., Uly, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 99–114. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941
Russell, T. L. (2001). The no significant difference phenomenon: A comparative research annotated bibliography on technology for distance education: As reported in 355 research reports, summaries and papers. North Carolina State University.
Sukaetin, A., Kurniasari, R., & Setiawan, W. E. (2022). Penggunaan Media Peta Timbul untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 1(2), 1–10. https://doi.org/https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/204
Trinh, V., & Manduchi, R. (2020). A Multi-scale Embossed Map Authoring Tool for Indoor Environments. In K. Miesenberger, R. Manduchi, M. Covarrubias Rodriguez, & P. Pe\vnáz (Eds.), Computers Helping People with Special Needs (pp. 459–466). Springer International Publishing.
Wahab, A., Kosilah, M. P., Sanwil, T., Rusnawati, M. A., Handayani, G., Hawa, S., Sa’odah, M. P., Samsiyah, N., Hadi, F. R., & Syarifuddin, M. P. (2021). Teori dan Aplikasi Ilmu Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Published
2023-09-22
How to Cite
Lasaiba, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Pengabdian Arumbai, 1(1), 7-16. https://doi.org/10.30598/arumbai.vol1.iss1.pp7-16
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)