PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-20 PADA ANAK USIA DINI

  • Nia Jurniasih Program Studi PGPAUD, FKIP, Universitas Terbuka
  • Reinhard Salamor Universitas Pattimura
  • Taufan Talib Universitas Pattimura
Keywords: anak usia dini, kemampuan mengenal angka, media loose part

Abstract

Meningkatkan kemampuan pengenalan angka pada anak-anak usia dini adalah langkah penting dalam memperkenalkan konsep matematika sejak dini. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media loose part untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengenal angka 1-20. Dalam tinjauan literatur ini, akan dipelajari penggunaan media loose part dalam beberapa penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kemampuan anak-anak usia dini dalam mengenal angka. Media loose part merujuk pada objek sederhana yang dapat ditemukan di sekitar lingkungan kita dan dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap angka. Melalui objek-objek ini, anak-anak dapat mengalami permainan yang bermakna dan terlibat sepenuhnya dalam setiap aktivitas. Dengan demikian, penelitian ini memberikan solusi dan panduan mengenai kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak-anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-29