ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

  • Puput Wali Universitas pattimura
  • Tanwey Gerson Ratumanan Universitas Pattimura
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
Keywords: kesalahan siswa; prosedur newman; teorema pythagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Ambon dalam menyelesaikan soal cerita matematika Teorema Pythagoras berdasarkan Prosedur Newman. Jenis penelitian, yaitu kualitatif dengan dukungan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini, yaitu 3 orang siswa yang dipilih dari 20 siswa dengan kriteria penilaian soal tes Teorema Pythagoras (Tinggi, Sedang dan rendah) dan pendapat guru mata pelajaran. Analisis data kuantitatif yang digunakan, yaitu menghitung hasil tes lalu mengklasifikasikannya ke dalam penilaian acuan patokan, sedangkan analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kesalahan siswa kategori tinggi, yaitu kesalahan memahami soal untuk soal nomor 1 dan nomor 3, dan kesalahan keterampilan proses untuk soal nomor 1 dan soal nomor 2.  Kesalahan siswa kategori sedang, yaitu kesalahan memahami soal untuk ke tiga soal dan kesalahan keterampilan proses untuk soal nomor 1 dan soal nomor 2. Kesalahan siswa kategori rendah, yaitu kesalahan memahami soal untuk ke tiga soal, kesalahan transformasi soal untuk ke tiga soal, kesalahan keterampilan proses untuk soal nomor 1 dan soal nomor 3 dan kesalahan penulisan jawaban akhir untuk soal nomor 3

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-05