PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

  • Melga Likumahwa Universitas Pattimura
  • Carolina S Ayal Universitas Pattimura
  • Novalin C Huwaa Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, think pair share, discovery learning

Abstract

Penelitian ini tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe Think Pair Share dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi segiempat di kelas VII. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan menggunakan desain penelitian the posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Kristen 1 Seram Barat dengan jumlah 84 peserta didik dan sampel dipilih menggunakan purposive sampling yaitu kelas VIIb dengan jumlah 28 peserta didik dan kelas VIIc dengan jumlah 28 peserta didik, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 54 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian.

Analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t dan diperoleh hasil akhir penelitian yaitu ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi segiempat. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan uji-t yaitu Sig.(2-tailed)=0.000 < , sehingga menyebabkan  ditolak dan  diterima

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-27