UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK TK A
Abstract
Salah satu aspek yang perlu di kembangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini adalah fisik motorik, pengembangan aspek ini sangat penting karena sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam melakukan kegiatan sehari hari secara mandiri. Salah satu kegiatan yang dapat di gunakan dalam mengembangkan motorik halus anak adalah kegiatan kolase. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan motoric halus anak karena dalam pelaksanaan kegiatan ini banyak melakukan gerakan - gerakan kecil yang memerlukan koordinasi mata dan jari tangannya dan kelenturan tangan. Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah yang di temukan pada anak TK A di TK Betel Nabire terkait kurangnya kemampuan anak dalam melakukan kegiatan motoric halus, sepeti menulis, mewarnai dengan rapi, menggunting dengan baik, menempel kertas sesuai pola dan hal lainnya yang berkaitan dengan koordinasi mata dan tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini terdiri dari 4 tahapan dari setiap siklus nya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini adalah adanya perkembangan yang signifikan setelah pelaksanaan perbaikan rencana pembelajaran selama 2 siklus, Perkembangan anak TK A di TK Betel Nabire mengalami kenaikan menjadi 50% untuk kedua indikator pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 75% untuk kemampuan merobek, menggunting, menggulung, serta menyendok dan 87,5% untuk kemampuan menyusun kolase dengan baik pada siklus 2
Downloads
Copyright (c) 2024 Jane Iriani Sukandar, Reinhard Salamor, Sri Tatminingsih, Vicardy Kempa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.