UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TK SUMBER ILMU MASOHI
Abstract
Kegiatan mewarnai anak usia dini adalah ekspresi dari pikiran mereka, meskipun kadang-kadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Namun, pada hakekatnya kegiatan mewarnai merupakan pembelajaran yang sangat bermakna bagi perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan mewarnai untuk meningkatkan kemampuan motoririk halus anak. Oleh karena itu, kajian ini akan membahas bagaimana kegiatan mewarnai untuk anak 4-5 tahun yang lebih kreatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian 15 anak terdiri dari 5 perempuan dan 10 laki-laki. Terdapat 3 indikator yang dinilai dalam penelitian ini, yaitu (1) Anak bisa memegang alat yang digunakan untuk mewarnai, (2) Anak bisa menggerakkan pergelangan tangan, dan (3) Anak bisa mewarnai gambar dengan rapi. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Pada siklus pertama, presentasi kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai sebesar 64%, sedangkan pada siklus kedua presentasi kemampuan halus anak meningkat sebesar 79 %. Penelitian ini merupakan salah satu solusi kegiatan pembelajaran anak usia dini khususnya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai
Downloads
Copyright (c) 2024 Yusni Yusni, Reinhard Salamor, Sri Tatminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.