PENGARUH DAYA TARIK BAHARI DAN PROMOSI TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN DI TELUK HALONG DESA ALLANG ASSAUDE KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh daya tarik dan promosi terhadap kunjungan wisatawan. Yang diuji dalam penelitian ini adalah daya tarik wisata dan promosi sebagai variabel independen sedangkan kunjungan wisatawan sebagai variabel dependen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan Teluk Halong dengan sampel sebanyak 50 responden. Alat yang digunakan untuk menguji kualitas data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumental, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Tarik (X1) dan Promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kunjungan Wisatawan (Y) di Teluk Halong Desa Allang Asaude Kabupaten Seram Bagian Barat. Secara simultan dan secara parsial Daya Tarik (X1) dan Promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kunjungan Wisatawan (Y) di Teluk Halong Desa Allang Asaude Kabupaten Seram Bagian Barat yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan tergolong tinggi yakni sebesar 89% sehingga, semakin tinggi Daya Tarik dan Promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola objek wisata Teluk Halong, maka semakin tinggi pula keputusan wisatawan berkunjung, begitu pula sebaliknya
Downloads
Copyright (c) 2025 Lucky Sahulata, W Louhenapessy, G Rehatta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.