PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi elastisitas dan hukum Hooke menggunakan strategi pembelajaran diferensiasi.Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan Pre-eksperimental Designs, One-Group Pretest-posttest dengan sampel kelas XI IPA SMA PGRI Dobo dengan jumlah 28 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui instrument tes dan non tes, instrument tes berupa tes awal dan tes akhir sedangkan instrument non tes berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tes awal, 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal dengan rata-rata skor pencapaian adalah 30,57. Hasil analisis data selama proses pembelajaran menunjukan bahwa rata-rata skor pencapaian kemampuan kognitif peserta didik pada pertemuan pertama adalah 83,52; pertemuan kedua adalah 85,71 dan pertemuan ketiga adalah 88,87. Rata-rata skor pencapaian kemampuan kognitif peserta didik selama tiga kali pertemuan adalah 81,96 dengan kualifikasi baik. Rata-rata skor pencapaian tes akhir peserta didik mencapai dengan kualifikasi baik. Untuk hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata skor peserta didik adalah 0,6 dengan kualifikasi sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan penguasaan materi elastisitas dan hukum Hooke pada peserta didik kelas XI IPA SMA PGRI Dobo
Downloads
Copyright (c) 2024 Lebrina A Opem, J Nirahua, H Sapulette, Gazali Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.