MEDIA TANGGA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN IPA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 2 SD
Abstract
Dalam pembelajaran Matematika dan IPA kelas kecil pada sekolah dasar, proses pembelajaran sebaiknya lebih konkret dan kontekstual yaitu dengan menghubungkan konsep yang abstrak dengan yang riil, begitu pula sebaliknya. Implementasi media tangga matematika materi penjumlahan dan pengurangan yang dihubungkan dengan pengelompokkan tumbuhan dan hewan merupakan perwujudan dari proses pembelajaran dimaksud. Riset ini dilakukan pada peserta didik kelas 2 SD Inpres 25 Ambon, menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang diawali identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan tahap Pra Siklus hasil belajar peserta didik tuntas 71,43% dan tidak tuntas 28,57%, terdapat 6 siswa kesulitan dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan. Setelah dilakukan intervensi dengan menerapkan media tangga matematika pada siklus 1, pengalaman belajar menjadi lebih konkret dan menarik. Proses belajar penjumlahan dan pengurangan tidak hanya menggunakan operator tambah kurang yang abstrak tetapi dihubungkan dengan pengelompokkan tumbuhan dan hewan yang lebih riil. Hasil belajar terjadi peningkatan, peserta didik tuntas menjadi 90,48% dan tidak tuntas 9,52%. Siklus 2, ketuntasan hasil belajar mencapai 100% yang menunjukkan telah ada perbaikan-perbaikan dan penyesuaian hasil refleksi siklus 1. Pada siklus 2 ini pengalaman belajar siswa meningkat, variasi penggunaan angka-angka dalam pengelompokkan tumbuhan dan hewan menjadi terbiasa, sehingga peserta didik tidak kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan
Downloads
Copyright (c) 2024 Gazali Rachman, Estherlyanata S Lolle, Theresia Laurens, Ali Awan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.