ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

  • Linda M Reawaruw Universitas Pattimura
  • Tanwey G Ratumanan Universitas Pattimura
  • Darma A Ngilawajan Universitas Pattimura
Keywords: Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pola Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Maluku Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskritif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, lembar tes soal penyelesaian masalah, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa dimana 1 siswa untuk gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 1 siswa untuk gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa gaya belajar visual memenuhi semua indikator pada tahapan polya yaitu subjek mampu memahami masalah dengan baik dan tepat, mampu membuat rencana dan melaksanakan rencana dengan tepat, mampu menuliskan kembali hasil akhir dengan baik; (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa gaya belajar auditori memenuhi semua indikator pada tahapan polya pada soal nomor 1, sedangkan pada soal nomor 2 siswa hanya mampu memenuhi 1 indikator tahapan polya yaitu memahami masalah; (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa  gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi 3 tahapan indikator pemecahan masalah pada sosal nomor 1, sedangkan pada soal nomor 2 siswa hanya mampu memenuhi 1 indikator tahapan polya yakni memahami masalah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-26