PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KOSMETIK TEMULAWAK THE FACE

Studi pada Masyarakat di Daerah Poka Kampung Pisang RT 005/RW 001

  • Rorofina Hermanus Universitas Pattimura
  • G Rehatta Universitas Pattimura
  • F R Sinay Universitas Pattimura
Keywords: Kepuasan pelanggan, Keputusan pembelian ulang, Kosmetik, Temulawak, The Face

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang produk kosmetik Temulawak merek The Face. Dalam industri kecantikan kosmetik merupakan salah satu jenis produk yang dipasarkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Kepuasan pelanggan menjadi faktor penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen dan mendorong keputusan pembelian ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang telah menggunakan produk Temulawak The Face dan hasil uji instrumen penelitian diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menunjukkan bahwa setiap item pernyataan dari masing-masing variabel kepuasan pelanggan dan variabel keputusan pembelian ulang adalah valid, dan uji reliabilitas untuk variabel kepuasan pelanggan dan variabel keputusan pembelian ulang diperoleh nilai cronbach’s alpha > 0,60 maka dinyatakan reliabel. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-14