PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 4 AMBON

  • Henderika Serpara Universitas Pattimura
  • Eldaa Crystle Wenno Universitas Pattimura
  • Jumardin Taamuru Universitas Pattimura
Keywords: Bahasa Indonesia, Keterampilan 4C, Pembelajaran abad 21, Problem Based Learning, SMP Negeri 4 Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat implementasi pembelajaran abad ke-21, yang mencakup keterampilan 4C (Berpikir Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, dan Komunikasi) dalam pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Ambon. Dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif deskriptif, data diambil melalui observasi partisipatif serta wawancara dengan guru dan siswa. Analisis dilakukan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) memberikan dampak positif terhadap pengembangan keterampilan abad ke-21, terutama dalam aspek komunikasi dan kolaborasi yang telah dilaksanakan dengan baik. Namun, keterampilan berpikir kritis dan kreativitas masih berada pada tingkat memadai dan belum merata di antara seluruh siswa. Temuan ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk dukungan sistematis seperti pelatihan bagi guru, pengembangan metode pengajaran yang relevan, serta penyediaan fasilitas pembelajaran yang memadai untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran abad ke-21 dengan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-14